Kebakaran Lahan Meluas, Dua Heli Didatangkan Padamkan Api

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi saat ini makin meluas. Betapa tidak, kebakaran lahan di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi semakin meluas, yakni mencapai 215 ha dari sebelumnya 170 ha.
Untuk mengantisipasi karhutla tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi telah mendatangkan dua helikopter dari Provinsi Jambi.
Ketua BPBD Jambi, Bachyuni Deliansyah kepada sejumlah media mengatakan adanya kedatangan dua heli tersebut.
“Kita ajukan 3 heli, tapi baru dua yang di akomodir, pagi 1 satu sore nanti 1 lagi datang. Ini digunakan untuk melakukan pemadaman karhutla yang ada di Jambi,” tegas Bayu, Sabtu (3/8/2019).
Diakuinya, heli tersebut didatangkan dari Palembang yang memang diperuntukan untuk Jambi sebagai salah satu daerah yang rawan karhutla.
“Kapasitastas yang bisa dibawa dalam setiap melakukan booming mencapai 400 liter air setiap helinya,” tegas Bayu.
Dia menambahkan, saat ini keberadaan heli tersebut akan langsung diturunkan untuk melakukan pemadaman api di Desa Arang Adang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi.
“Ada sekitar 50 hektare lahan lahan gambut yang terbakar disana,” tukas Bayu.
Menurutnya, kebakaran lahan yang terjadi di Provinsi Jambi hingga kini sudah mencapai 215 ha dari sebelumya, yakni sebelumnya sebanyak 170 ha.
“Setelah api dipadamkan dan pendinginan jumlah kebakaran lahannya hingga kini mencapai 215 ha,” tandas Bayu.
(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *