4 Perusahaan yang Lahannya Terbakar Mulai Diselidiki Polda Jambi

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Sejak terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi pada musim kemarau ini, diam-diam Polda Jambi melakukan penyelidikan.

Buktinya, saat ini pihak Polda Jambi tengah menurunkan tim ke beberapa perusahaan untuk melakukan pengecekan dan pengukuran serta penyelidikan atas terjadinya karhutla.

Bahkan, Kapolda Jambi tidak segan-segan lagi tunjuk sejumlah nama perusahaan yang diduga lahannya terbakar.

“Ada PT MAS, PT Reki, PT SNP dan PT WKS. Saat ini yang tim tengah berada di lapangan,” tegasnya, Selasa Rabu (14/8/2019).

Diakuinya, saat ini sudah ada 40 orang yang diperiksa sebagai saksi untuk dimintai keterangannya, karana semua lahan yang terbakar adalah lahan kosong.

“Masih dalam penyelidikan. Untuk mengetahui, apakah itu kelalaian atau disengaja, tim saat ini akan terus mendalamai kasus tersebut. Jika cukup bukti maka akan diproses secara hukum yang berlaku,” tukas Muchlis.

Disamping itu, tambahnya, terkait tersangka pembakar lahan, Kapolda menyebutkan sejauh ini masih berjumlah tiga orang.

“Masih tiga orang tersangka, satu di Sarolangun, dua di Tanjungjabung Barat. Kemungkinan bisa bertambah karena tim masih di lapangan,” imbuh Muchlis.

Terpisah, Katim Asistensi dan Supervisi Tahap Satu Mabees Polri Brigjen Pol DTM Silitonga saat berada di Mapolda Jambi menegaskan agar petugas jika dalam penanganan kasus Karhutla jangan sampai salah langkah.

“Pasalnya, jika salah langkah maka tidak akan ada tersangka, jikapun ada maka akan lepas dari jerat hukuman,” tandasnya.

Menurutnya, musibah karhutla tahun 2015 lalu harus dijadikan pelajaran semua pihak. “Jangan sampai salah lagi, begitu juga dalam menghadirkan saksi ahli di persidangan, karena para tersangka tidak ketengkap basah membakar lahan, kan semua tersangka datang dari hasil pengembangan,” ungkap Silitonga.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *