Warga Mengeluh, Kota Jambi Mulai Dikepung Asap

JAMBI KABARDAERAH.COM — Suasana Kota Jambi, Jumat (16/8/2019) pagi ini berbeda dari hari sebelumnya. Betapa tidak, Kota Jambi sudah mulai dikepung asap yang diduga akibat kebakaran lahan.

Akibatnya, warga sudah mulai mengeluhkan kondisi kesehatan lantaran sudah mulai terganggu saat aktivitas di luar rumah.

Eko, salah seorang warga Kota Jambi mengaku, terdampak akibat adanya asap yang mulai menyelimuti Kota Jambi. “Pagi ni, Kota Jambi sudah diselimuti asap. Bahkan, sudah terbatuk-batuk dibuatnya,” tandasnya, Jumat (16/8/2019).

Tidak itu saja, debu yang bercampur dengan asap akibat lahan terbakar sangat berbahaya. Pasalnya kalau terhirup dan masuk ke paru-paru akan bahaya.

Dia berharap, kepada pihak terkait untuk segera mengambil sikap tegas guna mengantisipasi kejadian yang lebih bahaya lagi.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Jambi, Ardi, mengaku kategori udara di Kota Jambi berada dalam kondisi sedang, bagi makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan dan hewan masih bisa beraktivitas di luar ruangan.

Ini berdasarkan, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Jambi, dan sekitarnya sudah berada dalam kondisi sedang yang tercatat dalam peralatan Air Quality Monitoring System (AQMS) pada Kamis kemarin.

Menurutnya, tingkat ISPU Kota Jambi parameter tertingginya menyentuh kategori sedang dengan penyebab paling dominan disebabkan oleh gas Sulfur Monoksida (SO2). Selain dari emisi kendaraan, gas tersebut juga dapat dihasilkan melalui pembakaran dengan bentuk kabut ataupun asap.

“Dalam beberapa hari ini memang terjadi peningkatan aktivitas pencemaran udara yang disebabkan oleh asap tersebut. Terutama pada malam hari, kita minta untuk mengurangi aktivitas diluar ruangan,” ujar Ardi.

Dia melihat, asap yang terjadi di Kota Jambi adalah asap kiriman. “Kita akan berkoordinasi sumbernya darimana dan melihat pergerakan arah angin,” tegasnya.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *