Pemilihan Abdiyasa Teladan Tingkat Provinsi Jambi Resmi Dibuka Kadis Perhubungan Jambi

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra menegaskan pemilihan Abdiyasa Teladan Tingkat Provinsi Jambi merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.
Menurutnya, kegiatan ini sebagai wujud perhatian pemerintah kepada awak kendaraan angkutan umum selaku SDM transportasi yang memiliki peranan yang penting dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan.
“Salah satu tujuan kegiatan pemilihan Abdiyasa Teladan ini adalah meningkatkan keselamatan jalan yang sejalan dengan program pemerintah dalam rangka Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan (periode 2011-2021) yang dicanangkan pemerintah pada bulan Juni 2011,” ujarnya, Senin (19/8/2019).
Dia menambahkan, program ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam ikut berperan serta aktif dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di jalan dan meningkatkan keselamatan jalan.
“Permasalahan di sektor transportasi mencakup banyak faktor diantaranya faktor manusia, faktor kendaraan, kondisi jalan, infrastruktur, dan lain-lain. Namun, faktor manusia (human error) dianggap faktor yang paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan,” tukas Adhi.
Oleh karena itu, tambahnya, pengemudi, khususnya pengemudi angkutan umum diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai, yaitu tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, keterampilan mengemudi yang handal namun juga diharapkan memiliki perilaku (attitude) yang baik saat mengemudikan kendaraan di jalan.
Terkait dengan pengembangan sikap dan perilaku yang baik dalam berkendara dalam rangka meningkatkan keselamatan jalan, ujarnya, perlu usaha yang sungguh-sungguh baik dari individu maupun dari faktor di luar individu dalam hal ini pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut.
“Salah satu upaya pemerintah saat ini, yaitu dengan menyelenggarakan Pemilihan Abdiyasa Teladan yang bertujuan memberikan penghargaan kepada awak kendaraan angkutan umum atas prestasinya di bidang transportasi jalan sebagai wujud kepedulian pemerintah akan pentingnya peran awak kendaraan umum dalam ikut membangun perwujudan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia, sesuai dengan amanat Undang – Undang No.22 tahun 2009, pasal 208, ayat 2 huruf c, yang berbunyi “upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dilakukan melalui pemberian penghargaan terhadap tindakan keamanan dan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”, katanya.
Kegiatan pemilihan Abdiyasa ini, tuturnya, merupakan salah satu wujud pembinaan terhadap pengemudi. Selain itu, kegiatan pembinaan ini merupakan  tanggung jawab pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Dia juga menilai, tanggung jawab ini diwujudkan dalam penyelenggaraan pemilihan Badiyasa baik di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan juga tingkat nasional.
Kepada para peserta.
“Saya berharap kiranya Saudara bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh kegiatan ini dan bagi dua peserta terbaik nantinya akan mewakili Provinsi Jambi mengikuti Pemilihan Abdiyasa Teladan Tingkat Nasional di Jakarta,” harap Adhi.
(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *