Umat Bihara Avolokitesvara Jambi Dorong Usman Ermulan Maju di Pilgub 2020

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Meski pemelihan Gubernur Jambi masih memiliki rentang waktu setahun lagi, namun dukungan maju untuk Politisi Senior Drs H Usman Ermulan, MM terus mengalir.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jambi itu dianggap punya kans yang pantas melenggang sebagai kepala daerah di Pemilihan Gubernur Jambi 2020 mendatang.

Kali ini, dukungan maupun harapan besar mengalir dari Umat Bihara Avolokitesvara Jambi yang merupakan warga Jambi asal etnis Tionghoa.

Aon, pengurus Umat Bihara Avolokitesvara Jambi mengaku dukungan itu bukan tanpa sebab, dia menilai Mantan Bupati Tanjung Jabung Barat dua priode itu sosok pemimpin yang memiliki kapasitas dan kredibilitas sebagai kepala daerah.

“Kami umat bihara avolokitesvara siap mendukung Usman Ermulan di Pilgub nanti. Karena beliau sosok pemimpin diatas semua kepentingan, dia orangnya merangkul semua ummat,” ujarnya, Minggu (1/9/2019).

Aon mengaku dekat dengan sosok Mantan DPR RI tiga priode pada masa pemerintahan Orde Baru itu sejak lama dan dimatanya Usman Ermulan merupakan sosok yang merakyat.

“Dia tidak membedakan antara minoritas dan mayoritas,” imbuhnya.

Sebelumnya, dukungan untuk maju di Pilgub mendatang tidak hanya datang dari etnis tionghoa, tetapi dukungan itu juga mengalir dari DPD partai PKS Batanghari.

Bahkan, tak tanggung-tanggung DPW PKS Batangahari siap all out memenangkan Usman Ermulan dalam Pilgub tahun 2020 mendatang.

“Jika Pak Usman Ermulan menjadi pilihan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai PKS Provinsi Jambi. Kami semua kader siap bertarung memenangkannya,” ujar Ketua DPD Partai PKS Kabupaten Batanghari, Margono.

Menurut Margono, sosok Usman menjadi nilai plus bagi masyarakat untuk memberikan dukungan kepadanya, karena Usman Ermulan matang pengalaman dua priode Bupati Tanjabbar dan DPR RI tiga priode.

Sebelumnya dukungan juga datang dari masyarakat Penerokan, Kabupaten Batanghari. Tokoh masyarakat setempat menilai sosok Usman Ermulan mampu membawa ekonomi Jambi kearah lebih baik.

Bahkan, masyarakat Penerokan mendorong duet Usman Ermulan dan Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini terpilih menjadi DPR RI dari Jambi untuk maju di Pilgub mendatang.

Selain itu, Yulianto, DPD LSM LIRA Jambi juga menyambut baik duet antara Hasan Basri Agus dan Usman Ermulan, menurutnya duet kedua tokoh tersebut merupakan pasangan yang tepat dan sebagai representasi dari wilayah barat dan timur.

Yulianto menilai duet HBA-UE sangat serasi dan memiliki keseimbangan dalam memimpin, pasalnya HBA memiliki latar belakang birokrasi dan ahli ilmu pemerintahan sedangkan UE berlatar belakang pengusaha.

“Mereka memiliki keseimbang dalam membangun Jambi Sejahtera dan Jambi Bersih, HBA memiliki latar belang birokrat sedangkan UE berlatar belakang pengusaha, jadi masalah pemerintahan biarlah HBA sedangkan untuk ekonomi biarlah UE,” ujarnya.

Yulianto yakin dengan pengalaman dua tokoh yang pernah sama-sama menjadi kepala daerah itu mampu mewujudkan Jambi SDM unggul, infrastuktur dan meningkatkan ekonomi rakyat.

Untuk diketahui, Usman yang merupakan Putra Kelahiran Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, 17 Mei 1951 itu sempat menyampaikan bahwa dirinya akan siap berkontestasi tahun 2020 itu. Do’a dan dukungan Masyarakat Jambi adalah harapan besar baginya untuk menempah diri dalam pengabdian memimpin Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Karir politik dan prestasi Usman Ermulan tidak dapat dipandang sebelah mata. Sederetan prestasinya membuktikannya, yakni sebagai  Anggota DPR RI pada Komisi Keuangan periode 1992-1997, 1997-1999, dan 1999 – 2004, Staf khusus Menteri Negara/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI, sampai menjadi Bupati Tanjung Jabung Barat periode 2001–2006 dan periode 2011–2016. Bahkan, Usman aktif memimpin sejumlah organisasi diikuti dan dijalaninya.

Penghargaan yang pernah diraih ayah tiga anak itu mulai dari setingkat Gubernur, Menteri hingga Presiden, seperti penghargaan Penas di Tasikmalaya oleh Menteri Pertanian RI (2001), Bakti Koperasi dan UMKM oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2001), Bidang Satuan Karya Bimas oleh Gubernur Jambi (2002).

Kemudian manggala Karya Kencana oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (2003), Dharma Karya Nugraha oleh Citra Abadi (2003), Satya Lencana Pembangunan oleh Presiden RI (2003), Manggala Karya Kencana oleh Presiden RI (2003), Satya Lencana Wira Karya oleh Presiden RI (2003), Lencana Aditya Mahadya oleh Presiden RI (2003), Satya Lencana Wira Karya oleh Presiden RI (2004) dan sejumlah penghargaan lainnya.

Penulis: Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *