Dosen Prodi Ekonomi Islam UNJA Melakukan Pengabdian di Majelis ta’lim Desa Mendalo Darat

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Adanya perubahan regulasi tentang perbankan merupakan momen strategis bagi umat Islam di Indonesia untuk mendirikan lembaga keuangan yang berbasis nilai-nilai syari’ah (Islam) selanjutnya disebut dengan Bank Syari’ah. Bank syariah memiliki produk atau jasa yang tidak akan ditemukan dalam operasi bank konvensional. Prinsip-prinsip seperti musyarakah, mudharabah, murabahah, ijarah, istishna dan sebagainya tidak memuat adanya prinsip bunga seperti yang dikembangkan oleh bank konvensional. Sebagai sesuatu yang tergolong baru, keberadaan Bank Syariah dan produk-produknya tentu akan menjadi suatu pilihan yang mungkin diminati dan mungkin pula tidak

Kondisi inilah, yang mendorong beberapa dosen di Fak. Ekonomi dan Bisnis prodi Ekonomi Islam melakukan pengabdian mengenai perbankan Syariah yang merupakan salah satu kewajiban seorang dosen untuk memenuhi tridharma perguruan tinggi kepada ibu-ibu majelis ta’lim yang ada di RT.05 RW.01 Desa Mendalo Darat dengan tujuan agar ibu-ibu majelis taklim di desa mendalo darat dapat mengetahui tentang eksistensi bank syariah, perbedaan antara bank syariah dan konvensional, peranan bank syariah bagi perekonomian umat serta mengetahui jenis-jenis produk yang di tawarkan oleh bank syariah. Ucap Ibu Dr. Lucky Enggrani Fitri, SE., M.Si ketua dari pelaksanaan pengabdian ini.

Dalam kegiatan pengabdian ini terlihat sekali begitu antusiasnya ibu-ibu majelis ta’lim yang ada di RT.05 RW.01 Desa Mendalo Darat untuk mengetahui perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh ibu-ibu majelis ta’lim kepada dosen-dosen prodi ekonomi islam pada saat pelaksanaan pengabdian ini, hal ini menunjukan begitu kuatnya keinginan ibu-ibu majalis ta’lim RT.05 untuk mengetahui tentang perbankan syariah.

Dengan dilakukan pengabdian ini, besar sekali harapan dari ibu-ibu majelis ta’lim di RT.05 RW.01 Desa Mendalo Darat kedepan adanya kegiatan seperti ini lagi, karena dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah wawasan pengetahuan mereka mengenai segala hal yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *