Gubernur Jambi Ancam Cabut Izin Perusahaan yang Bakar Lahan

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Akibat kabut asap masih menyelimuti sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi saat ini, membuat Gubernur Jambi Fachrori Umar menjadi gerah.
Pasalnya, kabut asap tersebut diduga akibat dari adanya kebakaran hutan dan ahan (karhutla) di Jambi dan sebagian masuk lahan konsesi perusahaan.
Karena itu, dia mengancam akan mencabut izin perusahaan yang masih terdapat lahannya terbakar.
“Saya akan panggil dan copot perusahaan yang konsesinya terbukti terbakar,” tegas Fachrori kepada sejumlah media, Selasa (10/9/2019).
Diakui Gubernur, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil semua perusahaan yang lahannya terbakar. “Jika perusahaan tersebut tidak mampu mengendalikan silakan menyudahinya. Kita panggil saja nanti,” tukasnya.
Menurutnya, tanah Jambi merupakan tanah kita. “Jadi perusahaan jangan seenaknya saja. Dulu waktu saya kecil ga’ seperti ini, sekarang rusak itu lahan,” ungkap Fachrori.
Terpisah, Direktur Perkumpulan Hijau Koordinator Pantau Gambut Jambi, Fery Irawan sangat mendukung komitmen Pemprov Jambi.
Namun, dia berharap ini tidak hanya komitmen di mulut saja tapi harus diturunkan menjadi kebijakan yang real terutama kepada perusahan yang membakar lahan.
“Kita dukung ketegasan Pak Gubernur Fachrori. Salah satu sanksi tegasnya, yaitu sanksi administrasi atau ijin perusahaanya dicabut,” tandas Fery.
(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *