Kapolda Jambi Ajak Murid SMA Cinta Negara, Berjiwa Patriotik dan Nasionalisme

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Tidak seperti biasanya, pelaksanaan upacara bendera di SMAN 5 Kota Jambi begitu berbeda. Kalau biasanya yang bertindak sebagai inspektur upacara (irup) adalah kepala sekolah atau guru, tapi Senin (14/10/2019) kali ini adalah Kapolda Jambi Irjen Muchlis AS.

Di depan ratusan murid dan pengajar, Kapolda menyampaikan terima kasihnya kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan kepala SMAN 5 Kota Jambi, karena telah diberikan kesempatan menjadi inspektur upacara.

Disamping itu, dia juga mengingatkan jika upacara bendera setiap Senin jangan dianggap sebagai rutinitas dan seremonial yang tidak bermakna.

“Pelaksanaan upacara bendera mempunyai nilai filosofi mendalam. Upacara bendera setiap Senin adalah bentuk kecintaan kepada negara, dalam rangka membentuk jiwa patriotik dan nasionalisme,” ujar Muchlis.

Menurutnya, upacara juga jangan hanya dimaknai seremonial atau rutinitas mingguan. Ini proses pembelajaran dan menanamkan kedisiplinan dalam upaya pengendalian diri.

Diakui Kapolda, bahwa hari ini seluruh pejabat utama Polda Jambi turun ke sekolah-sekolah untuk menjadi inspektur upacara, termasuk juga di Polres jajaran.

“Hari ini kita turun ke sekolah-sekolah untuk menjadi inspektur upacara. Salah satu tujuannya adalah untuk mendekatkan diri dengan siswa,” tutur Muchlis.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *