Menuju Media Profesional, Dewan Pers Verifikasi Faktual Kabardaerah.com

 

KABARDAERAH.COM- 
Untuk menciptakan media siber yang profesional dan bisa bersaing sesama perusahaan pers lainnya, kabardaerah.com dikunjungi Dewan Pers (DP) guna verifikasi faktual, Kamis (31/10) lalu.

Kantor pusat media siber www.kabardaerah.com yang berada di Jalan Kampung Kalawi, Gang Bali Nomor 6D, RT 003/RW 003, Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji, Kota Padang itu salah satu tindak lanjut verifikasi faktual terhadap sejumlah media di Sumatera Barat.

CEO Kabardaerah.com didampingi Komisaris Utama Indomedia Grub Ahmad Chan, Jumat (01/11) mengatakan, verifikasi faktual merupakan salah satu bentuk komitmen DP serta media dalam menciptakan lembaga pers yang profesional.

”Upaya dewan pers melakukan verifikasi kepada media juga merupakan bagian tanggung jawab, sehingga terciptanya media yang bisa dipertanggungjawabkan, dan menyaring oknum yang memanfaatkan media untuk kepentingan tertentu,” kata CEO Kabardaerah.com, Budi Gunawan yang biasa disapa BG.

Ia menjelaskan, berkembang pesatnya teknologi serta kemudahan mendapatkan informasi saat ini juga diikuti dengan tumbuh pesatnya media mainstream, khususnya media siber. Pertumbuhan yang pesat ini kata BG belakangan tidak dimbangi dengan standar media sebagaimana mestinya.

“Kondisi ini tentunya membawa dampak yang tidak baik bagi media. Tidak sedikit oknum yang menyalahgunakan media untuk mencapai kepentingan tertentu yang tidak ada sangkut pautnya profesi jurnalistik, itulah guna kabardaerah juga melakukan verifikasi faktual,” terang BG.

Tim verifikasi yang datang mengunjungi kantor pusat media siber kabardaerah.com antara lain anggota DP Asep Setiawan, Staf Sekretariat DP Watini langsung di terima CEO Budi Gunawan dan Direktur Perusahaan Indrawan.

Sementara itu, Komisaris Utama Indomedia Grub Ahmad Chan menyebutkan, dengan adanya verifikasi media oleh dewan pers ini bisa memilah mana perusahaan menjalankan fungsi pers dengan sebenarnya dan mana yang tidak.

Ia mengapresiasi langkah Dewan Pers turun langsung ke kantor media dalam melakukan verifikasi faktual.

“Ke depan kami berharap iklim pers kita bisa semakin bagus. Pers bisa menjalankan fungsi kontrol sesuai dengan ketentuan etika pers. Tidak ada lagi hendaknya oknum yang mengatasnamakan media, untuk mengancam dan sebagainya,” jelas Ahmad Chan. ** (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *