Luluhkan KLHK, Niat Dinas PUPR Provinsi Membuka Jalan Baru Batang Asai-Jangkat Tercapai

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Pemerintah Provinsi Jambi sepertinya tak main-main dalam menyelesaikan semua program Jambi Tuntas. Hal ini terbukti dengan terus dilakukannya proses pembangunan infrastruktur baik jalan hingga jembatan oleh Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M. Fauzi, pada tahun 2020 ini pihaknya kembali melanjutkan baik melakukan perbaikan badan jalan provinsi hingga melanjutkan pembukaan jalan baru yang menghubungkan dua daerah yakni Kabupaten Sarolangun dan Merangin.

“Pada tahun ini kita kembali meneruskan pembangunan jalan alternatif yang akan menghubungkan dua Kabupaten itu. Dibuka dengan membuka ruas jalan di Desa Sungai Kerada Kecamatan Batang Asai di Sarolangun menuju Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin,” ungkap M. Fauzi, Jumat (17/1/2020).

Pembukaan jalan alternatif baru tersebut, kata Fauzi, telah dilakukan sejak 2019 lalu yakni dengan melibatkan anggota TNI. Yang saat itu baru terealisasi sepanjang 2,5 kilometer.

“Tahun kemarinkan belum tembus, tahun ini kita alokasi lagi sebanyak Rp8 milyar untuk melanjutkan pembangunan tahun kemarin,” katanya.

Dalam tahap awal melakukan pembukaan jalan Sarolangun-Merangin pada tahun lalu, Fauzi mengungkapkan masih terdapat satu kendala untuk melanjutkan pekerjaan yakni pihaknya belum mendapatkan izin pinjam pakai lahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Namun kemarin sudah kita ajukan dan sudah mendapat respon dari KLHK. Kita langsung diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan sebagai persyaratan,” beber Fauzi.

Pembukaan akses jalan baru Batang Asai-Jangkat tersebut, kata Fauzi, adalah sebagai bentuk keseriusan Pemprov Jambi khususnya dalam bidang pembangunan infrastruktur jalan.

Tak hanya itu, Fauzi juga mengungkapkan pada saat ini Dinas PUPR Provinsi Jambi juga tengah melakukan pembahasan bersama Komisi V DPR RI untuk merealisasikan pembangunan Jembatan Batanghari III melalui belanja APBN.

“Kami telah beberapa kali menggelar rapat bersama Komisi V DPR RI untuk mendorong salah satu Mega Proyek di Jambi yakni pembangunan Jembatan Batanghari III, masuk dalam daftar belanja APBN,” tukasnya.

“Dalam waktu dekat ini, kita juga diundang Komisi V DPR RI untuk melakukan rapat pembahasan. Hal ini bertujuan untuk memantangkan Mega Proyek tersebut,” terang Fauzi.

(andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *