Kodim 0415/Batanghari Mulai Lirik Potensi Lebah Madu

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Melihat potensi lebah madu yang cukup menjanjikan di Jambi, Kodim 0415/Batanghari berusaha membudidayakannya.

Keseriusan itu tampak dengan diundangnya Staf Diklat Edukasi Madu Pramuka yang berlokasi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Nardianto untuk melakukan pelatihan prajurit TNI Kodim 0415/Batanghari untuk budidaya lebah madu.

Menurutnya, budidaya lebah madu tidaklah terlalu sulit, mengingat Jambi banyak terdapat bunga dari berbagai macam tanaman dan buah-buahan.

Dari informasi yang didapat, bahwa masyarakat Danau Lamo, Kabupaten Muarojambi sudah ada yang beternak lebah madu dan menghasilkan.

“Dari 2 hektar lahan yang disediakan sudah panen. Dari 3 minggu dimulai, saat ini sudah panen yang kedua kalinya,” ujarnya, Jumat (6/3/2020).

Diakuinya, pihaknya sudah mengirimkan 150 koli atau kotak untuk tempat sarang lebah madu.

Disamping itu, kata pria yang akrab disapa Pak Ade ini, keseterdiaan pangan bagi lebah madu cukup banyak terdapat di Jambi.

“Saya melihat banyak bunga akasia, bunga jambu air, rambutan, kelengkeng, durian bisa jadi asupan lebah madu untuk produksi,” tuturnya.

Sementara itu Danramil Sengeti, Kapten Mulyono mengungkapkan, tertariknya beternak lebah madu ini setelah melihat ada kepala desa budidaya lebah madu dan berhasil.

Dari situ, dirinya memberi tahu ke Dandim 0415/Batanghari Kolonel Inf J Hadiyanto untuk berkoordinasi. Tidak perlu berpikir lama, peluang itu tidak disia-siakannya.

Namun, sambungnya, saat panen perdana terkendala cuaca yang tidak bersahabat. “Jadi panennya molor lebih dari 10 hari.”

Beruntung, memasuki panen kedua tidak ada kendala. Justru pihak pengelola memberitahukan hasil panennya. “Pak madunya sudah kembung, siap panen,” tukas Mulyono.

Soal pemasaran tidak perlu khawatir. “Pemasarannya kita tidak perlu ke Jambi lagi, karena sudah ada yang datang ke lokasi,” tandas Kapten Mulyono.

Koperasi Kodim 0415/Batanghari siap tampung

Terpisah, Dandim 0415/Batanghari Kolonel Inf J Hadiyanto saat dihubungi media ini, mengakui kebutuhan madu di pasar lokal saat ini belum terpenuhi sehingga butuh kesediaan madu yang banyak.

“Bila melihat potensi pasar demikian, tentunya masih terbuka luas peluang budidaya lebah madu,” tandasnya.

Dengan potensi yang dilihatnya, Dandim yakin koperasi kodim siap memproduksinya.

“Koperasi Kodim 0415/Batanghari akan menyiapkan produk lebah, mulai dari stup/sarang lebah, pelatihan hingga madu segar langsung dari lokasi panen,” imbuh Hadiyanto.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *