Dewan Kota Jambi Telah Ikuti SCP 2020

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Belasan anggota DPRD Kota Jambi, yang terdiri dari unsur pimpinan dan ketua fraksi telah mengikuti Singapore Cooperation Programme (SCP) 2020, beberapa waktu lalu.

Di mana, SCP ini guna meningkatkan pemahaman mindset tentang kebijakan global yang berkaitan dengan keterwakilan masyarakat dalam pembangunan di negara Singapura.

Setidaknya banyak hal maupun inovasi yang dapat diadopsi dari pemerintahan Singapura, usai mengikuti SCP tersebut.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Kemas Faried Alfarelly, anggota DPRD Kota Jambi dari fraksi Golkar.

“Kegiatan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, dalam rangka keterkaitan tata kelila pemerintahan yang baik dalam keterwakilan masyarakat dalam pembangunan. Tentu banyak yang kami dapat untuk bekerja baik lagi serta inovasi lain yang kita dapat.” sebutnya, Selasa (10/3/2020).

Adapun yang bisa diadopsi dari sistem pemerintahan Singapura antara lain disebutkannya, seperti sistem hubungan kerja sama atau sinkronisasi antara Perdana Menteri Singapura hingga tingkat bawah.

“Seperti misalnya pelayanan publik, memang harus kita adopsi. Sehingga proses tidak berbelit-belit lagi.” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya mencontohkan seperti pengurasan visa tenaga kerja asing di Singapura hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

“Tetap memang ada prosesnya, namun kita berharap seperti misalnya pengurusan E-KTP, surat kematian dan lain-lainnya bisa mengadopsi dari pemerintahan Singapura. Sehingga masyarakat tidak tersita waktunya,” jelasnya.

Sementara bagi anggota dewan sendiri, Kemas menyebutkan, juga harus bisa mengadopsi sistem kerja di Singapura. Di mana, pemerintahan di sana tak hanya cepat menerima aspirasi masyarakat. Namun juga cepat mencarikan solusi.

“Inilah yang akan kita adopsi. Namun memang perlu terkoordinir dengan tiap OPD yang ada. Sehingga aspirasi tadi cepat mendapatkan solusi yang tepat. Karena sia-sia saja jika tidak terkoordinir, income dapat tapi output tidak bisa.” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *