Komisi II DPRD Provinsi Jambi Tinjau UPPB Karet di Sungai Melinau 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Jambi 2019 dari Komisi II DPRD Provinsi Jambi, langsung Unit Pengolahan dan Pemasaran Bongkar (UPPB) karet di Sungai Melinau, Kabupaten Merangin, Rabu (15/4/2020).

UPPB tersebut merupakan program Dinas Perkebunan Provinsi Jambi. Kedatangan Pansus LKPj Komisi II diterima langsung Ketua UPPB Sungai Melinau.

Ketua Pansus LKPj Komisi II, Juwanda mengatakan tujuan penggantian program pemerintah Provinsi Jambi terkait peningkatan harga karet petani melalui UPPB karet.

Menurut Juwanda, UPPB ini telah melakukan cukup baik, hal itu dapat dilihat dari harga karet di UPPB lebih tinggi dari harga karet yang dijual petani ke tengkulak.

Namun katanya, UPPB ini belum maksimal karena pengurus UPPB tidak memiliki dana untuk membeli langsung karet petani, selama ini UPPB hanya menjadi antar petani dan pembeli.

“UPPB juga memiliki keterbatasan akses ke pembeli, sehingga persaingan harga di pasar lelang juga tidak maksimal,” kata Juwanda.

Ia berharap ke depan, program tersebut tetap berjalan dan menunggu terus dipertahankan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *