TNI Bersama Pemkab, Warga Berjibaku Berantas PETI

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Ketegasan dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Bungo untuk memberantas PETI kemarin gencar dilakukan. Secara langsung Bupati Bungo H.Mashuri dan Komandan Kodim Letkol INF Widi Rahman dan anggota dari Kodim 0416 Bute,serta Kasat Intel Polres Bungo.

Alhasil rombongan yang tiba di desa Batu Kerbau sekitar pukul 01.00 Wib kemarin menemukan satu buah unit Escavator,bahkan rombongan warga yang geram langsung melakukan pemusnahan membakar alat berat tersebut.

Selain memusnahkan alat berat,empat pelaku PETI juga diamankan bersama 1 unit alat Escavator Komatsu .Empat pelaku yang diamankan diantarnya, berinisial B (40) dan H (42) warga Tanjung Putus, Tabir, Merangin. IJ (30) asal Sijunjung, Sumbar serta R (25) asal Kibul.(LK02).

Komandan Kodim Letkol INF Widi Rahman saat di wawancara wartawan mengatakan tindakan tegas ini dilakukan sebagai upaya dari anggota TNI untuk membantu pemerintah daerah/kabupaten. Dalam hal ini sesuai dengan SK Bupati tahun 2020 anggota TNI khususnya di wilayah hukum Bungo dilibatkan untuk melakukan pelaksanan untuk pengawasan dan pengendalian penambang Illegal bukan sekedar PETI saja.

” Pak Bupati kan secara langsung turun ikut berjibaku dengan melakukan perjalanan kaki dengan waktu dua jam ,dan permintaan Bupati mari bersama berantas PETI,tentunya 100 persen kita siap membantu,” tegas Letkol Widi.

Dikatakannya penindakan aktifitas PETI untuk antisipasi hal yang tidak di inginkan anggota kita turun kelapangan , dilengkapi dengan senjata lengkap Laras pendek dan panjang,dan tentunya telah melakukan koordinasi dengan Komandan Danrem 042/Gapu Jambi.

” Kita turun kelapangan melakukan penindakan PETI sudah melapor Komandan KOREM dan di izinkan untu turun bersama Bupati dan rombongan,” paparnya.

Namun saran dan masukan SK Bupati yang telah dibuat agar ditindaklanjuti lagi untuk diteruskan permohonan ke Dandim Bute.

Sementara itu koordinator Forum Peduli Hijau Bungo (FPHB) H.Hasan Ibrahim sangat berterima kasih dengan Pemerintah Kabupaten Bungo yakni Bupati Bungo yang dengan rela langsung turun ke lapangan.

“Salut dan bangga terhadap anggota Kodim Bute 0416 dengan semangat dan ketegasan nyata membantu pemerintah Kabupaten turun memberantas PETI,” ujar H.Hasan Ibrahim.

Hal senada dikatakan Pengurus organisasi Gerakan Bersama Rakyat Kampus(GBRK) , Alfin mengatakan patut menjadi contoh penindakan yang dilakukan anggota Kodim Bute 0416 untuk memberantas PETI memang bentuk dan wujud berpihak terhadap rakyat. Sehingga harapan kedepan tidak ada lagi aktifitas penambangan Illegal di Kabupaten Bungo.

” Terima kasih komandan Letkol INF pak Widi, wujud kerja nyata dalam turut membantu Pemkab memberantas PETI. saya pemuda,mahasiswa dari Bungo sangat berterima kasih,” tutur Alfin.

Sementara Ketua IKBJ Dr.Nazori ketika di konfirmasi menyebutkan keseriusan Pemkab Bungo yakni pak Bupati kita patut dibanggakan. Kepedulian terhadap keselamatan lingkungan menjadi hal terpenting. Bahkan dengan perjalanan kaki selama dua jam (beliau-red) Bupati begitu serius untuk memberantas PETI.

Disamping itu kekompakan pak Bupati bersama Komandan Bute Letkol INF Widi wujud kerja nyata keseriusan dalam menyelamatkan lingkungan alam yang beragam serta hidup ekosistem yang dapat dimanfaatkan bersama masyarakat Bungo.

Azhari/budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *