Ditengah Pandemi Covid-19, Ketersediaan Hewan Kurban di Jambi Terpenuhi

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi HR Erwansyah mengaku sejak pandemi Covid-19 pesanan hewan kurban di Kota Jambi turun hingga 5 persen.

Meski demikian, tegasnya, ketersediaan hewan kurban terpenuhi. “Saya jamin, ketersediaan hewan kurban di Kota Jambi terpenuhi,” ujarnya, Senin (27/7/2020).

Erwansyah menambahkan, ketersediaan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 ini mencapai 1.932 ekor.

“Rinciannya, yakni sapi dan kerbau 213 ekor, kambing 1.115 ekor. Dari komposisi tersebut hanya kambing yang terpenuhi,” tuturnya.

Menurutnya, dari pengalaman tahun sebelumnya kekurangan tersebut bisa terpenuhi menjelang hari H Idul Adha.

“Mengingat kondisi saat ini, yang sudah ada di Kota Jambi sebanyak 1.700 ekor termasuk bantuan Bapak Presiden,” ungkap Erwansyah.

Tidak hanya itu, sambungnya, bahwa hewan kurban yang masuk ke Jambi ini sudah layak konsumsi masyarakat. Pasalnya, selama ini sudah diperiksa tim kesehatan hewan.

“Bila dibandingkan tahun lalu, ketersediaan hewan kurban di Kota Jambi sudah terpenuhi di H-5, tapi saat ini masih ada dalam perjalanan,” tukasnya.

Erwansyah yakin, kurban ini hanya dikerjakan bagi yang mampu. “Dari pedagang hewan kurban yang ada di Kota Jambi sudah ada yang mesan. Artinya, akan menambah dari hewan kurban yang ada saat ini,” imbuhnya.

“Kita sama-sama berdoa, ketersediaan hewan kurban tahun ini bisa terpenuhi,” pungkasnya.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *