Penandatanganan Pakta Integritas Kandidat Gubernur Jambi dengan KPK, Tidak Dihadiri Cagub CE

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Jelang pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, 3 kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Jambi ketemu dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Rumah Dinas Gubernur Jambi di kawasan Ancol, Pasar, Kota Jambi, Selasa (24/11/2020).

Kedatangan KPK, tidak lain membuat komitmen kepada mereka untuk tidak melakukan korupsi. Karena itu, ketiga calon gubernur dan wakil gubernur Jambi tersebut meneken pakta integritas dengan (KPK).

Tidak hanya Jambi, dalam pembekalan Pilkada Berintegritas 2020 yang digelar secara virtual ini juga diikuti oleh Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan Maluku.

Namun, pada penekenan pakta integritas yang disaksikan langsung salah seorang pimpinan KPK Alexandre Marwata ini, terlihat untuk Provinsi Jambi hanya cagub nomor urut 1 Cek Endra (CE) yang tidak hadir.

Direktur Media Center CE-Ratu, Desy Ariyanto saat dihubungi mengakui bahwa calon gubernur Jambi nomor urut 1, CE tidak bisa hadir lantaran dalam kondisi masih sakit.

Namun, pihaknya sudah membuat surat keterangan sakit dari dokter ke pihak KPK.Tetapi, pihaknya hanya mengutus cawagub Jambi Ratu Munawaroh.

“Dokter menyarankan beliau (CE) untuk istirahat total, ini sebenarnya sudah hari kedua beliau sakit. Keinginan beliau untuk hadir, tapi karena kondisi sakit yang menyebabkan beliau tidak hadir,” kata Desy, Selasa (24/11/2020).

Sementara itu, sembilan poin yang tercantum dalam pakta integritas itu, yakni:

1. Tidak melakukan tindak pidana korupsi.

2. Tidak melakukan politik uang dalam Pilkada

3. Mendukung upaya pendidikan anti korupsi, penindakan dan pencegahan korupsi.

4. Patuh melaporkan LHKPN dan menolak gratifikasi

5. Membuat visi, misi program mencerminkan semangat anti korupsi

6. Peduli kepada pemilih, merakyat, dan berpihak pada keadilan

7. Menghindari konflik kepentingan seperti kolusi dan nepotisme

8. Bergaya hidup sederhana, melayani dan selesai dengan dirinya.

9. Berani dan bertanggung jawab dalam setiap keputusan demi tegaknya integritas.

Untuk diketahui, di Provinsi Jambi pada penandatanganan pakta integritas ini tidak hanya dihadiri cagub dan cawagub Jambi, tapi juga turut dihadiri kandidat di Pilbup Tanjab Barat, Pilbup Tanjab Timur, Pilbup Batanghari, Pilbup Bungo dan Pilwako Sungai Penuh.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *