Rocky Candra Dorong Kawasan Ekonomi Baru di Sangeti, Tungkal dan Sabak (SENTUSA) 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Tiga negara di Asia Tenggara bersepakat membentuk kerja sama ekonomi dan dagang, yang disebut Segitiga Pertumbuhan Ekonomi. Indonesia, Malaysia, dan Thailand (IMT-GT) dengan Pemerintah Provinsi Jambi.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra yang ikut menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut pembicara dari Provinsi Jambi dapil Kota Jambi dari Partai Gerindra yang berhasil menduduki kursi pimpinan DPRD Provinsi Jambi ini, akan mendorong pengembangan pengawasan ekonomi baru di Sengeti, Tungkal dan Sabak (SENTUSA).

 

“SENTUSA adalah kawasan ekonomi penyangga dan menjadi stimulus pengembangan program kerta IMT-GT,” ungkap Rocky saat menghadiri kegiatan Webinar Internasional dalam rangka pertukaran praktik baik pemulihan ekonomi lokal di luar negeri dan Dialog Nasional Penguatan Sinergi Pemerintah Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha, dan Kelompok Masyarakat Sipil dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Indonesia dan Kawasan Sub Regional IMT-GT yang diselenggarakan pada Hari Rabu 24, 25 dan 26 Februari 2021 di Novotel Hotel, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30127 Online VIA Zoom Cloud Meeting, Jumat (26/2/2021).

Disamping itu, dia juga menyampaikan agar Provinsi Jambi dalam Program IMT-GT dan juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Jambi tercinta.

Karena itu, Rocky Candra mendorong kerjasama IMT-GT dengan Provinsi Jambi sebagai solusi pembangunan ekonomi efek pandemi.

Selanjutnya, Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Jambi ini juga menekankan pentingnya peran dan dukungan Legislatif dalam implementasi program kerja Sub Regional IMT-GT di daerah.

Rocky Candra saat menyampaikan materinya mengatatakan, “Pentingnya IMT-GT bagi daerah adalah kekuatan untuk meningkatkan daya saing di daerah-daerah, meningkatkan konektivitas, serta meningkatkan nilai perdagangan, pariwisata, dan investasi.”

Ia juga mengatakan bahwa legislasi berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, peraturan daerah yang mendukung visi IMT-GT (Inovatif, Inklusif, dan Berkelanjutan).

“DPRD harus memastikan penyederhanaan regulasi dan prosedur untuk meningkatkan efesiensi perdagangan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi,” tambah Rocky.

Terakhir materinya, Rocky juga berbicara mengenai perlu membuat terobosan untuk mencapai Visi IMT-GT 2036. “Terobosan itu harus dipikirkan bersama-sama sehingga pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19 bisa teratasi dengan cepat, tepat dan tuntas.”

Menurutnya, pembangunan rumah sakit, sekolah maritim dan perguruan tinggi akan kita dorong semaksimal mungkin dari legislatif dan tentunya juga akan kolaborasi bersama pemerintah daerah untuk pemulihan serta peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat tentunya.

“Saya akan perjuangkan Jambi dalam Forum Internasional agenda IMT-GT (Indonesia, Malaysia, Thailand-Growth Triangle) agar jambi diprioritaskan,” tegas Rocky Candra.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Asisten Administrasi dan Umum, Prof Edward Juliarta, yang mewakili Gubernur Sumatera Selatan, sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Rabu (24/2/2021).

Acara ini juga di hadiri oleh Dr. Ir. Muhammad Hudori. M.SI Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Dr. Ir Roni Dwi Susanto, M.SI Kepala LKPP, Mr. Masaoka Shinichi Expert from Japan, Mr. Kuroiwa Takashi Expert from Japan, Prof. Patrick Ziegenhain expert from Germany, Dr. Kastorius Sinaga, staf khusus kemendagri bidang politik dan media, H. Herman Deru SH, M.M. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Dr Wisnu Bawa Tarunajaya. SE MM. Doputi Bidang Sumberdaya dan Kelembagaan kemenparekraf, H. Dodi Reza Alex Noerdin Bupati Musi Banyuasin, Dr. RoniHeriyandi Roni. MS kepala pusat fasilitasi kerjasama kemendagri, Aniesa Delima sari Project manager LOCALISE SDGs UCLGUCLG-ASPAC, Maria anik tanjung direktur program CO EVOLVE yayasan penabulu.

(azhari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *