Pungli di SMA N 3, Mappan Geruduk Inspektorat Jambi

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Sejumlah massa dari (LSM) MAPPAN, mendatangi kantor Inspektorat provinsi jambi, terkait dugaan praktik pungli dengan modus iuran komite yang akan dipergunakan untuk membayar gaji honore, dan jual beli buku mata pelajaran dilingkup SMA Negeri 3 Kota Jambi. (21/04/21)

Disinyalir dugaan praktik pungli tersebut sudah berjalan cukup lama, terjadi pada tahun ajaran 2020/2021.

Diketahui, pungutan uang sebesar Rp. 50000 /bulan, dan dalam surat yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah dan Ketua Komite tertanggal (05/10/20), orang tua murid diharuskan untuk membayar iurang komite dari bulan juli tahun 2020 – bulan November 2020.

Amri S.Pd, Kordinator lapangan Mengatakan dalam aksinya “Bahwa praktik pungutan liar dengan daligh sumbangan komite tersebut, diduga terjadi karna adanya konspirasi jahat yang melibatkan Oknum Ketua Komite dan Oknum Kepala Sekolah SMAN 3 kota Jambi”.

Adapun tuntutan yang disampaikan adalah “Meminta satgas saber pungli Provinsi jambi, memanggil Kepala sekolah dan Ketua Komite, berserta oknum guru yang diduga secara bersama melakukan dugaan pungutan liar dan memperjual belikan buku pelajaran kepada siswa”.

Jika memang dugan tersebut benar adanya, amri mengatakan kalai Oknum Kepala Sekolah dan Ketua Komite harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dimata hukum. Ucap amri

Tambahnya “Jelas kami sangat prihatin dengan keadaan dunia pendidikan provinsi jambi, yang dikotori oleh oknum – oknum tak bertanggung jawab, dengan melakukan praktek pungutan dan jual beli buku.

Jelas perbuatan ini sangat tidak mendidik, bagai mana generasi penerus bangsa dimasa akan datang bisa menjadi pemimpin yang bersih, karna sejak di dunia pendidikan di tingkat SMA saja, sudah diajarkan dan ditanamkan oleh para oknum – oknum dengan perbuatan yang tercela. Jelas amri

Imbuhnya menambahkan , “Jika nanti belum ada tindak lanjut dari apa yang kami sampai atas tuntutan kami, maka tidak menitup kemungkinan kami akan mengulang aksi kembali, Kami percaya bahwa tim saber pungli berani mengambil sikap dan mengungkap siapa – siapa oknum yang masih bermain – main dengan hukum”.

Namun tak berselang lama, orasi para Demonstran. disambut baik oleh pihak Inspektorat dan Satgas Saber Pungli Provinsi jambi yang diwakili oleh ISKANDAR.

Dihadapan perwakilan pendemo, Iskandar selaku perwakilan dari Inspektorat Provinsi Jambi menjelaskan, bahwa Pimpinannya sedang tidak berada ditempat, apa yang menjadi aspirasi dan tuntutan para demonstran akan kami sampaikan, karna kepala inspektorat sedang mengahadiri rapat di kantor gubernur”.

Tambah iskandar “Kami juga ucapkan terimakasih, kepada rekan atas kepercayaannya kepada satgas saber pungli untuk mengunggkap kasus ini, insyallah kami bisa mengemban dan menunaikan apa yang menjadi amanah dan tanggung jawab kami”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *