Bandar Narkoba Asal Tanjab Timur Didor

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Seorang daftar pencairan orang (DPO) bandar narkoba yang terkenal licin di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi akhirnya tidak berkutik.

Jepri (20), warga Dusun Polewali, Desa Lambur Luar, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur berhasil dibekuk tim Berantas BNNK Tanjab Timur saat menghadiri pernikahan saudaranya yang berada di Desa Bhakti Idaman, Kecamatan Mendahara.

Kasi Berantas BNNK Tanjab Timur AKP Gunawan saat dihubungi membenarkan bahwa pelaku merupakan bandar narkoba. “Pelaku ini sudah menjadi TO (target operasi) kami selama ini. Dia ini terkenal licin dan sering kali lolos saat ditangkap petugas,” ujarnya, Kamis (3/5/2021).

Diakuinya, untuk menangkap pelaku yang berprofesi sebagai petani ini tidaklah mudah yang dibayangkan.

“Saat akan diamankan petugas pada awal bulan kemarin, pelaku sempat berusaha melarikan diri dan nekad terjun ke dalam sungai di lokasi penggerebekan,” ungkap Gunawan.

Menurutnya, penangkapan pelaku setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa Jepri sedang menghadiri acara pernikahan saudaranya.

“Dia menghadiri acara pesta pernikahan adik iparnya di Desa Bhakti Idaman,” katanya.

Selanjutnya, petugas melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan, pelaku berada di rumah mertuanya di Desa Bhakti Idaman.

Saat dilakukan penangkapan, tersangka Jepri sedang berada di tengah kebun kelapa tepatnya 20 meter belakang rumah mertuanya.

Namun, kedatangan anggota BNNK Tanjab Timur diketahui pelaku sehingga nekat kabur dan terjun ke arah sungai. Meski sudah dilakukan tembakan peringatan, namun tersangka masih nekat terjun ke sungai.

Upaya pencarian terus dilakukan, meski pelaku sempat menghilang beberapa saat. Tidak lama berselang, pelaku kembali muncul ke permukaan sungai dan berusaha berenang mengarah ke tepi sungai.

Melihat tersangka berusaha naik ke daratan, petugas langsung memperingatkan untuk berhenti ke tepi sungai. Akan tetapi, peringatan tersebut tidak diindahkan dan tetap memilih lari.

“Melihat kondisi seperti ini, anggota yang berada di seberang sungai langsung melakukan tindakan yang tegas dan terukur dengan tembakan ke arah kaki kiri,” tandas Gunawan.

Namun demikian, sambungnya, tersangka masih sempat lari sampai sekitar 50 meter. Karena dalam kondisi terluka, tepat di lokasi kuburan, tersangka tidak sanggup lagi lari sehingga jatuh.

Kemudian, petugas yang berada di seberang sungai berusaha berenang menyeberangi sungai dan langsung mengamankan pelaku.

“Petugas juga melakukan evakuasi untuk melakukan tindakan pertolongan pertama dengan membawa ke atas speed boat. Selanjutnya, Jepri kita bawa ke Puskesmas Simpang Tuan dan perawatan di RS Bhayangkara,” tukas Gunawan.

Sementara, barang bukti yang diamankan petugas, 13 paket plastik klip bening diduga berisikan narkotika jenis sabu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *