TNI Terus Merakyat, Warga SAD: Terimakasih Rajo Tentro

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Sebagai bentuk kepedulian TNI dengan masyarakat, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0420/Sarko di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Jambi melakukan over target.

Tidak tanggung-tanggung, Satgas TMMD membuka jalan penghubung ke pemukiman warga SAD yang masih berlokasi di wilayah TMMD ke 111.

Melalui tangan dingin Dansatgas TMMD ke 111 Kodim 0420/Sarolangun Bangko (Sarko), Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, akhirnya jalan sepanjang sekitar 300 meter yang dulunya terisolir tersebut berhasil dilalui warga SAD.

“Ini di luar pelaksanaan TMMD ke 111, pengerjaan ini merupakan dari over target yang menjadi perhatian tersendiri bagi kami,” ungkap Tomi, Selasa (13/7/2021).

Pembukaan ini bukanlah tanpa alasan. Menurut Dansatgas, di kawasan tersebut terdapat beberapa kepala keluarga (KK) dan puluhan jiwa warga SAD yang tinggal di sana.

“Karena itu, menjadi pertimbangan kami juga untuk memperhatikan mereka sebagai saudara kita yang berhak mendapat sarana jalan yang layak kepada mereka (warga SAD),” imbuh Tomi.

Dia juga menambahkan, dengan adanya over target membuka jalan tersebut, nantinya warga SAD bisa beraktivitas seperti masyarakat lainnya.

“Kita berharap nantinya pemerataan pembangunan bisa merata bahkan sampai bisa dinikmati hasilnya oleh warga SAD,” ujarnya.

Disamping itu, katanya, ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial kreatif Kodim 0420/Sarko yang harus tetap dilaksanakan di wilayah, sehingga fungsi pembinaan teritorial tetap dan akan terus berjalan.

“Saya berharap, upaya pemerintah daerah dalam mencerdaskan anak bangsa dan memperbaiki perekonomian masyarakat, terutama bagi warga SAD semakin mudah dan kesejahteraan warga semakin membaik,” imbuhnya lagi.

Diakuinya, saat ini pihaknya terus berupaya merubah cara pandang warga SAD agar lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Perlahan-lahan kami dari Kodim 0420/Sarko bersama pihak terkait akan mengubah cara pandang hidup mereka kearah yang lebih baik lagi,” harap Tomi yang juga Dandim 0420/Sarko ini.

Salah seorang ibu rumah tangga dari warga SAD, Pingah mengaku senang dengan adanya anggota TNI membantu pembangunan di desanya.

“Ini membuktikan bahwa TNI masih peduli terhadap masyarakat. Selain itu, ini merupakan tugas dan kewajibannya untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya,” kata Pingah.

“Terimakasih tak terhingga Pak TNI bisa membantu kesulitan kami,” tuturnya singkat.

Sedangkan Pratu Budi yang merupakan anggota TNI dari warga SAD mengapresiasi adanya program TMMD yang sangat merakyat.

“Saya sangat bangga dengan Dandim Sarko yang sudah memperhatikan dan perduli dengan suku anak dalam yang ada di lokasi Kodim 0420/Sarko. Terimakasih Komandan,” tukasnya.

Terpisah, Temenggung SAD Abraham (52) sangat bersyukur dan terima kasih kepada Satgas TMMD yang telah hadir di tengah-tengah mereka.

“Terima kasih Bapak Rajo Tentro dan satgas TMMD yang telah memberi perhatian kepada kami warga SAD. Dari membuat akses jalan menuju pemukiman kami, mengajari cara bercocok tanam dan mengajak hidup bergotong-royong. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih bapak-bapak TNI,” tutur Abraham.

Dalam program TMMD ke 111 Kodim 0420/Sarko di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi ini, Satgas membuka jalan sepanjang 7,5 KM.

Jalan dengan lebar 6 meter tersebut, untuk diketahui menghubungkan dua kecamatan, yakni Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat dengan Desa Beringin Sanggul, Kecamatan Tiang Pumpung, Kabupaten Merangin, Jambi.

(yogi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *