Buaya Besar Muncul di Sungai, Warga Talangkerinci Resah

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Warga di pinggiran Sungai Desa Talangkerinci, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Jambi dibuat resah. Betapa tidak, seekor buaya besar berukuran sekitar 5 meter mendadak muncul.

Diduga, buaya tersebut lepas dari tempat penangkaran milik warga yang sudah puluhan tahun ditutup pemiliknya.

Kapolsek Sungaigelam, Ipda Yohanes Candra saat dihubungi membenarkan adanya buaya besar muncul di sungai.

“Ya benar. Saat ini dalam proses penangkapan buaya,” ungkapnya, Kamis (16/9/2021).

Dia menambahkan, sebelumnya pada Rabu kemarin, seekor buaya juga muncul dengan ukuran 4 meter. “Untuk kali ini buaya kembali muncul dengan ukuran lebih besar. Ukurannya ada sekitar 5 meter,” ujarnya.

Akibat munculnya dua buaya yang sinyalir lepas dari penangkaran, pihaknya sampai saat ini masih mencari fakta. Hanya saja, jarak antara sungai dan penangkaran buaya sangat dekat.

“Munculnya buaya besar di sungai ini mulai dari Kamis pagi, sampai saat ini masih dalam proses penangkapan buaya oleh petugas dan warga,” tukas Yohanes.

Selanjutnya, dia mengimbau agar warga tidak beraktivitas dulu, menjelang buaya tersebut ditangkap petugas

Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Sahron mengakui, buaya besar di sungai sudah dua kali inj muncul. Sebelumnya, kata dia, buaya ukuran besar sudah ditangkap dan kali ini buaya yang lebih besar lagi muncul.

Dari informasi yang didapatnya, buaya tersebut lepas dari penangkaran buaya. “Bila kita lihat kandang penangkaran tampak kandangnya tidak layak pakai lagi dan kemungkinan besar buaya lepas dari kandangnya,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Desa Kebon 9, Wanto menjelaskan, buaya besar yang panjangnya mencapai empat meter tersebut diduga lepas dari penangkaran buaya.

Karena itu, dia berharap masyarakat selalu hati-hati saat di sungai. “Kita sebagai masyarakat cukup was-was dan prihatin terhadap kemunculan buaya,” imbuhnya.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *