Hj Hesti Haris: TP PKK Mitra Pemerintah Mewujudkan Keluarga Pelopor Perubahan

JAMBI.KABARDAERAH COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris, S.E yang sering dipanggil Hesti Haris ini, melakukan kegiatan Roadshow Pencanangan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan di pendopo rumah dinas Bupati Batanghari, Senin (20/9/2021).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Komariah Abdullah Sani, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief yang sekaligus melantik Pengurus TP PKK Kabupaten Batanghari, juga Ketua TP PKK Kabupaten Batanghari Zulva Fadhil, S.E.

Menurut Hesti Haris, TP-PKK merupakan mitra Pemerintah dan Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai peran untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berdaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

” Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat fokus pada potensi dan kebutuhannya yang secara langsung nantinya dapat mengetuk dan menularkan kemampuan pada lingkungan sekitar tempat tinggal kemudian memberi manfaat bagi banyak pihak. Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan, sehingga sangat beralasan gerakan PKK untuk Indonesia Maju.”ujar Hesti.

Dikatakannya, dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran gerak PKK tentu saja harus selaras sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. ”Saya berharap agar tim penggerak PKK dan kader kader PKK dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dengan Stekholder terkait. Sebagai mitra Pemerintah Tim Penggerak PKK harus mensinergikan segala bentuk program-prongram yang dikembangkan dalam membantu Pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan di daerah,” ujar Hj. Hesti.

Dalam sambutannya Hj. Hesti mengemukakan, dalam rRakerda ini kita bisa menyamakan persepsi tentang penggerakan PKK yang akan datang dan menyatukan program kerja mulai dari Pusat , TP-PKK Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan sampai ke desa. ”Kita mengajak kerja sama yang berkaitan program bersama OPD untuk mendukung gerakan PKK di daerah, kalau dulu PKK di atur oleh peraturan Menteri Dalam Negeri, agak sulit untuk mengajak OPD untuk berkerja sama, tetapi sekarang PKK Sudah diatur Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 dan permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta hasil Rakernas IX tahun 2020,” ungkap Hj. Hesti.

Untuk itu dibutuhkan persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan dan melaksanakan program gerakan PKK sekaligus mengoptimalkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK terutama program rutin yang menjadi prioritas PKK. “Saya minta kepada pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa untuk menindaklanjuti setiap program kerja TP PKK Kabupaten. Sehingga tujuan program yang telah dirumuskan dapat tercapai sampai kepada masyarakat luas,” ujar Hj. Hesti.

Sementara itu Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyatakan bahwa dengan dilantiknya kepengurusan TP PKK Kabupaten Batanghari ini diharapkan dapat meningkatkan peranan dari TP PKK sebagai mitra pemerintah membangun kesejahteraan masyarakat. “Pelajari 10 program pokok PKK yang isinya merupakan semua sendi kehidupan.Tolong dipelajari saya yakin ibu- ibu semangat,nanti disandingkan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati tentang 36 program prioritas, nanti kita minta untuk mensinkronkan dan mengkoordinasikan ini. Camat juga jangan risih dengan kehadiran TP PKK karena PKK ini sangat membantu kita untuk dekat dengan masyarakat, banyak kegiatan yang membutuhkan peran dari TP PKK,”ujar Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *