Tim Lomba Binter Tinjau UMKM Rumah Tenun Binaan Babinsa

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Kreativitas dan inovasi mempunyai peranan yang penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Banyak kesuksesan yang diraih oleh pengusaha/pebisnis diawali dengan kreativitasnya menemukan inovasi pengembangan produk-produk bisnisnya.

Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dikelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya.

Materi inilah yang ditekankan oleh Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura kepada warga saat berada di rumah tenun yang berada di kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, Selasa (21/9/2021).

“Dalam rangka mengembangkan kreativitas dan mendukung keberadaan UMKM khususnya di wilayah Legok, kemandirian warga harus selalu dilatih dan dibangkitkan” ujar Sertu Herman Susilo.

Keberadaan rumah tenun sebagai sentra pengembangan batik Jambi diperuntukkan bagi warga sebagai pusat edukasi dan menggali potensi sumber daya ekonomi masyarakat setempat dengan memperhatikan kearifan lokal.

“Diharapkan warga sekitar Danau Sipin mau memanfaatkan fasilitas yang tersedia dan memiliki kreativitas untuk dapat meningkatkan perekonomiannya,” tutur Mayor Widi, Danramil Telanaipura saat berada di rumah tenun mendampingi kunjungan kerja tim dari Pusterad ke sentra batik tersebut.

Dikatakannya, Koramil Telanaipura melalui Babinsa terus mengembangkan dan melatih kemandirian warga sekitar Danau Sipin agar tetap tegar menghadapi kesulitan hidup ditengah pandemi covid-19 melalui pengembangan kreativitas dengan mengembangkan produk batik di rumah tenun ini.

Menurutnya, kreativitas dan kemandirian warga di rumah tenun harus selalu ditingkatkan guna menjadikan kemampuan menciptakan sesuatu hal yang baru, sehingga perekonomian warga dapat ditingkatkan karena warga dengan sendirinya mampu menghasilkan produk-produk baru yang dapat bersaing dengan produk lainnya.

“Kemandirian, keuletan, keseriusan dan sikap konsisten menjadi kunci utama kesukseskan dalam menjalankan bisnis pengembangan batik yang selalu dikembangkan di rumah tenun dan sentra batik di Legok ini,” imbuhnya.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *