7 Ekor Buaya Muara Berhasil Dijerat Tim BKSDA Jambi

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Meski disertai hujan deras, upaya tim evakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi berhasil menangkap lima ekor buaya di lokasi penangkaran buaya di Desa Kebon IX, Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Minggu (26/9/2021).

Bila ditotal hingga dua hari ini, petugas telah mengevakuasi 7 ekor buaya yang selama ini meneror penduduk setempat.

Menurut Kepala Tim Penyelamat Satwa BKSDA Jambi, Sahron, hari ini berhasil menjerat 5 ekor buaya. “Jadi sejak dua hari ini, hari ini dan kemarin kami sudah menangkap 7 ekor buaya,” ujarnya, Minggu (26/9/2021).

Dari 7 ekor buaya tersebut, satu diantaranya ukuran sedang. “Rata-rata berukuran 4 hingga 5 meter dengan berat lebih 400 kg. Tadi ada yang ukurannya kecil, sekitar lebih 3 meter. Tapi usianya sudah diatas 30 tahun semua,” ungkap Sahron.

Dia menambahkan, upaya penangkapan reptil ini masih akan terus dilakukan. “Saya kira masih ada sekira 20 ekor buaya lagi di kolam penangkaran. Kita masih akan jerat buaya tersebut hingga kolam penangkaran ini jadi kosong. Kita tidak ingin ada warga jadi korban,” imbuhnya.

Diakuinya, untuk mengangkat buaya seberat 400 kg tersebut ke dalam truk, pihaknya harus menggunakan seling mobil untuk menariknya.

Namun, meski buaya tersebut sudah diikat kaki, moncong dan mata ditutup karung goni, masih ada buaya yang bergerak.

“Tadi karena ada hujan. Kena air hujan, buayanya bertenaga hingga mengibaskan ekornya,” imbuh Sahron.

Setelah susah payah ditarik ke atas bak truk, ke lima hewan buas di air tersebut dibawa petugas ke lokasi rehabilitasi di kawasan Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi.

(azhari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *