Kapolda Pimpin Kegiatan Kohesi Sosial Siswa Diktuk Bintara Polri TA 2021 di SPN 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, SIK memimpin Kegiatan Kohesi Sosial Siswa Diktuk Bintara Polri T.A. 2021 SPN Polda Jambi yang berlangsung di GOR SPN Jambi Jl. Tribrata Km.11 Ds. Pondok Meja Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan yang di mulai pada pukul 08.30 wib itu, dihadiri oleh Dir Intelkam Kombes Pol Bondan Witjaksono, SH.,SIK,MM, Kabid Humas Kombes Pol Mulia Prianto, S.Sos.,SIK, Ka SPN Jambi Kombes Pol Noveriko A. Siregar, SIK, Plt. Wadir Intelkam AKBP Safei Bagus Santoso, SIK, PJU SPN dan Seluruh Gadik/Pembina SPN Jambi serta Seluruh Siswa SPN Jambi sebanyak 323 orang yang didalamnya juga terdapat 100 orang Siswa dari Papua.

Kapolda Jambi pada kegiatan Kohesi Sosial Siswa Diktuk Bintara Polri T.A.2021 SPN Polda Jambi, dalam arahannya menyampaikan bahwa Kohesi Sosial merupakan ikatan dalam kelompok yang terbentuk karena ada keinginan untuk tetap bersama agar kelompok tetap utuh untuk menghadapi usaha-usaha yang mendorong mereka untuk berpisah. Kemudian, Jenderal bintang dua ini menjelaskan kepada siswa mengenai Pengertian dan asal kata Polisi.

“Polisi berasal dari bahasa yunani kuno yakni politeia seluruh pemerintahan negara kota dalam artian bagaimana keteraturan/ketertiban yang dibutuhkan agar dinamika masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dapat berjalan dengan lancar dalam kondisi masyarakat yang beraneka ragam, Atau digunakan dalam pemikiran politik plato dan aristoteles yang artinya komunitas dalam masyarakat di suatu kota atau Negara,” Jelasnya.

Selanjutnya Kapolda Jambi menjabarkan Tugas Pokok dan tujuan harkamtibmas, pelindung, pelayan, pengayom masyarakat, dan penegakan hukum.

“ Pengertian kamtibmas yaitu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu persyaratan terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional. Untuk mencapai tujuan nasional yang harus dibutuhkan adalah Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut serta dalam perdamaian dunia,” sebut Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi kemudian memberikan penekanan kepada para siswa untuk meningkatkan skill / keterampilan terlatih, karena polisi tidak akan terampil tanpa berlatih, Knowledge/pengetahuan dengan belajar dan banyak membaca, karena dengan membaca wawasan kita akan menjadi luas. Attitude / perilaku yakni kebiasan kehidupan kita sehari-hari, integrity / integritas / kewibawaan / kehormatan / kejujuran dan Experience / pengalaman.

“Kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yaitu Knowhow artinya memahami permasalahan yang dihadapi dan mengetahui cara mengelesaikannya, berfikir kritis didasari knowledge dan experince artinya tidak mudah puas, tidak mudah percaya,selalu mencari yang terbaik,Patuh peraturan/UU termasuk etika dan disiplin Polri dan Kemampuan komunikasi,”tutup Kapolda Jambi.

Sekira pukul 10.15 wib Pelaksanaan Kohesi Sosial Siswa Diktuk Bintara Polri T.A. 2021 SPN Polda Jambi selesai dilaksanakan, selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *