Polres Bungo Ringkus Pelaku Pencurian Ribuan Buku Nikah

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Setelah melakukan penyelidikan mendalam, akhirnya bpelaku pencurian ribuan buku nikah di Kabupaten Bungo berhasil ditangkap jajaran Tim Petir Reskrim Polres Bungo, Jambi.

Empat orang pelaku berhasil diamankan di tempat berbeda. Ada yang di Sumatera Barat dan ada yang di Pekanbaru.

Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputra saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan pelaku tersebut. “Alhamdulillah sudah berhasil diamankan. Ada 4 orang pelakunya,” tegasnya, Sabtu (13/11/2021).

Menurutnya, dari empat pelaku, tiga orang diantaranya merupakan penadah. Sedangkan pelaku pencuriannya hanya satu orang. “Saat ini, semuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” tukas Guntur.

Sebelumnya, ribuan buku nikah yang dicuri tersebut merupakan buku nikah baru yang masih tersegel rapi.

Dari informasi yang didapat, hilangnya buku nikah tersebut baru pertama kali diketahui oleh salah seorang pejabat di Kemenang Bungo Jambi, yakni Kasi Bimas Islam Kemenag Bungo bernama Harlek.

Saat itu, dia masuk kantor melihat kondisi ruangannya yang sudah berantakan dan laci yang telah terbongkar.

Makin terkejutnya lagi, ribuan buku nikah yang masih tersegel rapi hilang dari tempat penyimpanan semula. Usai memberi tahu pimpinannya, akhirnya pihak Kemenag Bungo melaporkannya ke polisi.

Tanpa membuang waktu, polisi langsung mendatangi TKP. Selanjutnya, petugas menyelidiki kasus ini dengan memeriksa beberapa saksi hingga CCTV kantor.

Dalam olah TKP itu, Satreskrim Polres Bungo menemukan barang bukti yang diduga digunakan pelaku pencurian, yakni 1 buah linggis, 1 buah obeng dan 1 buah tang.

Sementara, buku nikah yang raib digondol tersangka sebanyak 3000 buah. Akibatnya, stok buku nikah di kawasan Bungo menjadi terbatas.

Diduga, tersangka merupakan sindikat pencurian buku nikah antar provinsi.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *