IKBJ Siap Bersinergi Menuju Jambi Mantap

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Malam pelantikan ikatan kekuarga Bungo Jambi (IKBJ) dengan tema “Menjadikan IKBJ Pemersatu dan Mitra Pembangunan Menuju Jambi Mantap” di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (27/11/21) malam berlangsung sukses.

Selain itu, malam pelantikan itu juga merupakan awal dimulai upaya penguatan silaturahmi dan rasa saling memiliki bagi seluruh Keluarga Besar Bungo Jambi yang dipersatukan dalam wadah IKBJ.

Kemudian, sebagai persembahan dan upaya mengenalkan Budaya Bungo, acara dibuka dengan Tarian Tauh yang memiliki makna  persatuan IKBJ serta sebagai pelestarian budaya Bungo kepada kegenerasi penerus.

Rangkaian acara pelantikan itu, setelah tari tauh diisi dengan pelantikan Ketua Umum dan Pengurus Terpilih oleh Bupati Bungo Bapak H. Mashuri, dilanjutkan dengan rangkaian penyematan pin oleh Bupati serta penyerahan bendera Pataka IKBJ.

Pada sambutan ketua pelaksana yang disampaikan oleh Fauzan Majid menyebutkan, bahwa pelantikan pada malam ini adalah pengukuhan atas terpilih Pak Syahrasaddin sebagai ketua umum terpilih hasil Musra V yang diselengarakan bulan setember lalu dan sekaligus pelantikan pengurus terpilih IKBJ periode 2021-2025, ujarnya.

“Malam ini kami ingin menyampaikan IKBJ selain wadah kekeluaragaan bagi seluruh warga bungo di Jambi, juga ingin menyampaikan bahwa IKBJ juga siap bekerjasama dan bermitra dengan pemerintah provinsi jambi menuju Jambi mantap, dan mendukung program pembangunan Bungo Maju dan Sejahtera”. Pangkasnya.

Kemudian, Ketua Umum IKBJ Bapak Syarahsaddin, dalam sambutannya mengatakan, Ketua Umum IKBJ yang dikenal dengan panggilan bang sadin menyampaikan ucapan terimakasih atas fasilitasi dari Bapak Gubernur dalam mendukung kegiafan IKBJ, terima kasih juga kepada Bupati yg juga memfasilitasi IKBJ dalam kemajuan IKBJ.

“Sebagai wujid kepedulian IKBJ terhadap keluarga bungo pada beberapa waktu lalu sebagai bentuk kepedulian kami membantu keluarga bungo yang kuarang mampu dengan bantuan bedah rumah, bantuan ini jg di bantu oleh Bapak Hasan Basri Agus, skrg kekurangan untuk kebutuhan penyelesaian bantuan bedah umah ini kami juga bermohon bantuan dari Bapak Zulfikar Ahmad,” lanjutnya lagi.

Kemudian, Bang Sadin berharap dukungan dari Bupati Bungo terhadap IKBJ, karena salah satunya IKBJ akan mendirikan koperasi syariah yang bisa menjadi simpan pinjam untuk membantu warga bungo, Organisasi IKBJ ini memang diharapkan ada income generating buat seluruh keluaurga bungo Jambi.

Ahmad Zulfikar Anggota DPR RI Perwakilan Jambi mengaku saat ini dalam kondisi kurang sehat, “Ngan Pakso Hadir Kareno nak mancelik munsanak Bungo” ujarnya dengan bahasa daerah Bungo yang artinya saya paksa hadir karena ingin melihat saudara semuanya.

Ia berpesa kepada seluruh pengurus terpilih harus bekerja dengan baik dan yang sudah dimisioner harus mendukung dan membantu. Karena tunjuk ajar dari yg berpengalaman itu penting.

Datuk Fikar juga mengingatkan Adat dan budaya Bungo harus dihidupkan kembali dan diperkenalkan kepada genarasi penerus dan bagaimana keberlanjutan adat dan budaya terus dijunjung dan dipertahankan.

“Budaya Bungo dalam kepemerintahan jugo memiliki kekhasan sendiri dimana kepemimpinan desa disebut Rio,” tukasnya.

Sambutan Bupati Bungo diwakilkan Sekda Bungo, karena Bupati mendadak meninggal tempat pelantikan terlebih dahuku karena beliau diminta mendampingi Gubernur.

“Bahwa kami Pemerintahan Bungo sangat mendukun program  IKBJ dan sangat terbuka sebagai mitra dalam bekerjasama dalam pembangunan Bungo Menuju visi misi Bungo Maju dan Sejahtera “Master” Jilid Ii tahun 2024,” ujar Sekda.

Masih menurut sekda bahwa beliau akan berupaya memfasiliatasi keluarga Bungo untuk bisa berkumpul dan membangun silaturahmi dengan mempersilahkan menggunakan mess bungo untuk menjadi sekretariat IKBJ.

“Melanjutkan pesan Bupati bahwa IKBJ ini menjadi wadah yang bisa mendukung program – program pembangunan Bungo yang lebih maju kedepan terus bersinergi dalam mendukung Provinsi Jambi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Wagub Abdullah Sani yang bisa dipanggil pak yai itu mewakili Gubernur mengucapkan selamat kepada Ketua Umum dan pengurus IKBJ yang baru dilantik dan dikukuhkan.

“Pertama saya mohon maaf karena gubernur tidak bisa hadir karena mendampingi kunjungan Menteri, saya ingin menyampaikan pesan Gubernur Jambi, beliau menyampaikan pertemuan IKBJ ini memberi berkah untuk Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi,” sebutnya.

Ia menyebutkan berkah yang dimaksud adalah dengan adanya pengurus baru ini tdak mengecilkan peran yang lama, karena tidak akan ada yang sekarang kalau tdak ada awalnya, jadi pengurus saat ini kalau ada celah yg belum elok maka di elokkan yang sudah elok makin menjadi lebih elok.

“Tidak ada alasan bagi saya apa itu bungo, apa itu merangin, apa itu tebo tapi adalah bagaimana kita semua memajukan provinsi Jambi. Yang harus kita pertahankan dan kita katakan bahwa banyak sumber daya orang bungo yang ikut membesarkan dan membangun provinsu Jambi,” sebutnya.

Kemudian kata dia sumber daya yang mantap adalah berbudaya, berahlak dan beradat. Dengan IKBJ diyakini akan menambah energi dalam pencapaian visi misi jambi mantap 2024.

“Jadi mohon doakan Pak Gubernur dan Sayo untuk bisa amanah dalam menahkodai Provinsi Jambi. Sekalali lagi selamat buat pengurus IKBJ periode 2021-2025,” Tutupnya.

Sebagai bentuk kepedulian maka di akhir acara juga ada penyerarahan secara simbolis kunci rumah kepada masyarakat yg mendapat bantuan bedah rumah melalui kegiatan peduki sesama warga bungo oleh IKBJ.  (Hamdi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *