Danramil 415-09/Telanaipura Anggap IPKB Sebagai Mitra Kerja Ditengah Pandemi Covid-19

JAMBI.KABARDAERAH.COMĀ  – Dalam pembauran dan pembangunan bangsa, pemuda mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, diperlukan pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri dan profesional.

Dalam proses membangun pemuda, diperlukan pelayanan kepemudaan dalam dimensi pembangunan di segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, pemuda itu berusia antara 16-30 tahun. Sesuai namanya, pemuda tentu disematkan kepada mereka yang berusia muda yang biasanya memiliki semangat tinggi, penuh optimisme, kreatif, inovatif dan beragam hal positif lainnya.

Sebagai wadah dan sarana membangun mental pemuda, organisasi kepemudaan merupakan salah satu solusinya. Banyak organisasi-organisasi kepemudaan yang tumbuh ditengah masyarakat dengan berbagai misi dan visinya.

Organisasi kepemudaan adalah lembaga non formal yang tumbuh dan eksis dalam masyarakat. Organisasi ini lebih mengarah kepada kegiatan sosial karena merupakan wujud kesadaran untuk membantu sesama.

Ikatan Pemuda Kenali Besar (IPKB) salah satunya. Organisasi ini tumbuh dan berkembang di wilayah Kelurahan Kenali Besar Kec. Alam Barajo kota Jambi.

Untuk mendukung keberadaannya, Koramil Telanaipura senantiasa memberikan dukungan dan pendampingan agar kedepan, keberadaan IPKB tetap eksis, diakui dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Hal ini disampaikan oleh Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat menghadiri musyawarah pemilihan ketua IPKB TA. 2021-2024 di aula IPKB kelurahan Kenali Besar, Sabtu (11/12/2021).

Menurut Danramil, IPKB merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang tumbuh dilingkup wilayah pembinaan teritorial Koramil Telanaipura. IPKB adalah mitra kerja yang potensial ditengah pandemi Covid-19.

“Mengatasi pandemi ini menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja. Para pemuda pun dapat diberdayakan untuk mengambil peran dengan melakukan berbagai hal positif, untuk itu kita akan berdayakan organisasi kepemudaan yang ada diwilayah.” tutur Mayor Widi.

Lebih jauh dikatakan bahwa IPKB merupakan salah satu organisasi kepemudaan dan mitra kerja Koramil Telanaipura yang sangat potensial untuk mengcounter, melindungi dan membentuk karakter pemuda Kenali Besar agar tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif dan cenderung merugikan bagi masyarakat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *