Kenalkan Wawasan Kebangsaan, Danramil Telanaipura Terharu Anak-anak Bermain Bercita-cita Jadi TNI

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Danramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi, Mayor Inf Widi Purwoko tidak menyangka, sejumlah anak-anak yang lagi bermain bercita-cita ingin jadi prajurit TNI.

Rasa haru dan bangga menyelimuti raganya saat memperkenalkan wawasan kebangsaan (wasbang) kepada mereka di kawasan perkantoran Provinsi Jambi di Telanaipura, Kota Jambi, Minggu (12/12/2021).

Dia menilai, perlunya sejak dini memperkenalkan wasbang kepada penerus cita-cita bangsa tersebut. Meski dilakukan dengan cara bermain, namun ekspresi mereka dalam bermain adalah sesuatu yang menyenangkan.

Melihat itu, disela-sela mereka bermain, Danramil Telanaipura menyampirinya. Dengan pendekatan komunikasi sosial (komsos) yang menyenangkan, dia memperkenalkan pengetahuan wawasan kebangsaan kepada mereka.

“Saya melihat ketika anak-anak bermain seringkali tidak mendatangkan manfaat dan tujuan yang berarti. Dengan memperkenalkan wasbang terlebih sejak dini, saya yakin akan dapat merubah karakter anak menjadi lebih baik,” ujar Widi, Minggu (12/12/2021).

Menurutnya, melalui kegiatan bermain, anak-anak dapat belajar banyak hal. Karena, bagi mereka bermain merupakan bagian yang amat penting dalam tumbuh kembang anak untuk menjadi manusia seutuhnya.

Salah satu materi wasbang yang diberikan adalah peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, kedisiplinan, patuh terhadap orang tuanya dan hormat-menghormati antar sesama dan orang dengan usia yang lebih tua.

“Ya, banyak obrolan yang disampaikan, agar anak-anak tumbuh kembang dengan baik, terlebih untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap tanah airnya,” tuturnya.

Terbukti saat ditanya tentang keinginannya masuk menjadi anggota TNI, seluruhnya bereaksi sangat antusias dengan menunjukkan telunjuk jarinya.

“Alhamdulillah, anak-anak sudah kenal dengan TNI. Saya terharu, mereka bercita-cita ingin jadi TNI,” tandas Widi.

Danramil juga berharap, agar metode seperti ini dapat diadopsi dan diaplikasikan oleh Babinsanya saat melaksanakan tugas binter di wilayah.

Baginya, pembinaan, pengawasan dan bimbingan sejak dini diyakini dapat berpengaruh terhadap karakter anak-anak.

“Semangat juang dan kompetisi akan muncul dengan sendirinya seiring dengan usia tumbuh kembang yang baik,” imbuhnya mengakhiri.

(azhari)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *