Dandim 0415/Jambi Berikan Kuliah Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa dan Mahasiswi UNJA

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Komandan Kodim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto , M.I.R., M.A berikan kuliah umum terhadap mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Negeri Jambi (UNJA) di Jl. Jambi-Muara Bulian Mendalo Darat kec.Jambi Luar kota Kab.Muaro Jambi.

Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A menyampaikan terkait wawasan kebangsaan sebagai modal ketahanan bangsa di Wilayah Jambi. Hal tersebut sangat penting melihat kondisi Indonesia saat ini, maka perlu diberikan pemahaman terhadap para generasi penerus ini.

Pada kesempatan itu Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A menyampaikan, bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Terkait hal itu, untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara kesadaran bela negara itu pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

”Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,”ujarnya.

Ditambahkan, bahwa sebagai warga Negara dalam upaya bela Negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa, juga memiliki lima Unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta Kemampuan awal bela Negara, hal tersebut yang dilandaskan pada Yuridis UUD 1945 pasal 27 (3).

”Yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan juga pada Pasal 30 (1), yakni tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *