Gubernur Al Harus Serahkan Bantuan Sarana Kebudayaan Paguyuban Keluarga Jawa

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Usai menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Merangin ke 72 Tahun 2021, Gubernur Jambi, Dr H Al Haris,S.Sos.,M.H., langsung bertolak ke Kabupaten Sarolangun untuk menyerahkan Bantuan Sarana dan Prasarana Bidang Kebudayaan dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Provinsi Jambi yang bertempat di Desa Bukit Marau Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, Rabu (22/12/2021).

Bantuan Sarana dan Prasarana Bidang Kebudayaan diberikan untuk Paguyuban Keluarga Jawa (PKJ) Cipta Manunggal Desa Bukit Marau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi sebesar Rp349.510.720,-.

“Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi ini merupakan salah satu upaya dalam memulihkan perekonomian masyarakat Jambi, khususnya masyarakat Kabupaten Sarolangun serta mendukung melaksanakan program PEN yang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 oleh Pemerintah Pusat sebagai salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak covid-19 terhadap perekonomian, serta respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi masyarakat,” ujar Al Haris.

Al Haris mengharapkan, melalui bantuan ini, masyarakat dapat kembali menyelenggarakan festival kebudayaan sehingga transaksi ekonomi ditengah tengah masyarakat kembali berjalan. Pada daerah daerah transmigrasi biasanya ketika menyelenggarakan acara acara besar masyarakat sekitar banyak yang berjualan terutama ibu ibu, sehingga proses transaksi ekonomi akan berjalan.

“Kita telah mengetahui, ketika daerah daerah transmigrasi menggelar acara acara besar maka akan banyak masyarakat yang berjualan, khususnya ibu ibu. Ini menandakan adanya transaksi ekonomi ditengah tengah masyarakat dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,” kata Al Haris.

Lebih lanjut Al Haris mengungkapkan, pada bulan Desember 2021 ini Pemerintah Provinsi Jambi sudah melaksanakan proses tender untuk membangun jalan di Kabupaten Sarolangun, mulai dari Simpang Pelawan sampai ke Batang Asai. Permasalahan pembangunan ruas jalan di Batang Asai ini dari dahulu tidak pernah selesai, padahal sudah banyak dana yang mengalir untuk pembangunan jalan.

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kajian ulang untuk pembangunan jalan, sehingga tersedia anggaran sebesar Rp.254 miliar dan proses pengerjaan tendernya mulai pada bulan Desember 2021. Selain anggaran tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi juga mendapatkan tambahan anggaran dari dana APBN sebesar Rp.12 miliar, sehingga total anggaran untuk pembangunan jalan dari Simpang Pelawan sampai ke Batang Asai sebesar Rp.266 miliar,” ungkap Al Haris.

“Selain pembangunan ruas jalan Simpang Pelawan – Batang Asai, Pemerintah Provinsi Jambi juga akan membangun ruas jalan Air Hitam yang kondisinya saat ini memprihatinkan, selanjutnya pembangunan juga ruas jalan dari Margo ke Air Hitam, yang pada intinya kita menginginkan masyarakat merasa nyaman,” sambung Al Haris.

Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi, Drs.H.Hasan Basri Agus,M.M., meyakini Gubernur Jambi akan sukses memimpin Provinsi Jambi kedepannya hingga Tahun 2024 dengan gaya kepemimpinan yang cekatan dan keseharian yang sederhana serta merakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *