Dandim 0415/Jambi Tinjau Kanal Air yang Jebol di Desa Puding

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A bersama Kepala Desa Puding dan Danramil 415-01/SK beserta Babinsanya meninjau lokasi Kanal Air jebol di Desa Puding Kecamatan Kumpeh Ilir Kabupaten Muaro Jambi, Senin (27 Desember 2021).

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Puding dan warga Sekitar kanal air yang jebol di Kecamatan Kumpeh Ilir Kabupaten Muaro Jambi pasca dilanda hujan deras beberapa hari ini.

Dalam Kunjunganya langsung ke lokasi Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A mengatakan bahwa Kejadian kanal air jebol sudah diketahui dan dilaporkan ke saya melalui Danramil 415-01/SK Kapten Inf Sobirin.

Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A juga menyampaikan Fungsi dan manfaat sekat kanal bertujuan untuk menaikkan daya simpan (retensi) air pada badan kanal dan sekitarnya dan mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut sehingga lahan gambut di sekitarnya tetap basah dan sulit terbakar.

Sementara itu, penimbunan kanal dilakukan untuk meningkatkan sedimentasi dan pendangkalan badan kanal dengan tujuan agar daya kuras airnya dapat dikurangi dan muka air di badan kanal dapat dipertahankan,

Karena diperlukan waktu sangat lama untuk menaikkan tinggi muka air. Karena itu, lahan-lahan gambut yang sudah mendapat pembasahan perlu terus dijaga. Jika tidak maka potensi kebakaran dapat saja terjadi.

” Anggota saya Khususnya Koramil 415-01/SK telah mengerahkan Personil yg dibantu oleh masyarakat dalam penanganan kanal air jebol ini,” ungkap Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *