Kodim 0415/Jambi Dengan Unama Jambi Gelar Pelatihan Bagi 40 Pelaku UMKM Binaan Kodim

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Marketplace adalah platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di internet. Jadi, website marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran.

Dengan kata lain, bisa dibilang marketplace adalah department store versi online.

Hari ini, Kodim 0415/Jambi bekerjasama dengan Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi menggelar pelatihan dan sosialisasi dalam mengoptimalkan marketplace sebagai media pemasaran bagi 40 pelaku UMKM binaan Kodim 0415/Jambi, Rabu (16/3/2022).

Kegiatan pelatihan dilaksanakan bertempat di aula Sultan Thaha Kodim 0415/Jambi, yang dibuka oleh Pasiren Kodim 0415/Jambi Mayor Inf Mulyono didampingi oleh Pasiterdim 0415/Jambi Mayor Inf Beni serta Dosen Universitas Dinamika Bangsa Roby Setiawan, S.Kom, M.S.I.

Pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi ini dengan teknis 5 orang dosen dan 2 orang mahasiswa IT dari Unama Jambi bergantian memberikan pelatihan, diantaranya adalah sosialisasi Marketplace dan Identifikasi peluang (teori) serta praktek Pembuatan toko online pada marketplace tokopedia (praktikum).

Kegiatan ini merupakan prakarsa Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A, dengan pihak Unama beberapa waktu yang lalu, dimana pihak Unama memiliki kegiatan bakti pengabdian masyarakat bagi mahasiswa yang akan selesai melaksanakan perkuliahan, sedangkan Kodim 0415/Jambi memiliki UMKM binaan.

Menurut Robbi salah satu Dosen dari Unama mengatakan bahwa “Pelatihan ini merupakan bagian dari proses perkuliahan, dimana mahasiswa yang akan selesai melaksanakan studi, wajib melaksanakan bakti pengabdian masyarakat, alhamdulillah Kodim Jambi mau menerima Kami untuk memberikan pelatihan market place”, ujar Robbi.

Di tempat berbeda, Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A, yang dihubungi awak media mengatakan bahwa memang betul pelatihan market place sedang dilaksanakan di Makodim 0415/Jambi, ”hari ini Kami bersama dengan Universitas Dinamika Bangsa (Unama) menggelar pelatihan market place, Kami punya UMKM sedangkan Unama punya tenaga ahlinya, Saya rasa sangat cocok sekali untuk dipadukan”, tegas Sriyanto.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, “ pelatihan market place ini sangat berguna bagi UMKM yang baru merintis, dimana para pelaku UMKM secara tidak langsung akan mempromosikan UMKM nya kepada warga yang melihat aplikasi ini, artinya sangat membantu perekonomian rumah tangga”, ujar Kolonel Sriyanto.

Sujianto, salah satu pelaku UMKM Kelurahan Jelutung sangat puas akan adanya pelatihan dan sosialisasi ini, “ Sayo sangat senang sudah diajarkan bagaimano caro mencari peluang di market place ini dan bagaimano caro pembuatan toko online, biasonyo Sayo Cuma jualan biaso, sekali lagi Sayo ucapkan terimo kasih banyak kepado Kodim 0415/Jambi, semoga UMKM Kami semua dikenal dan diminati wargo Jambi maupun pendatang”, ujar Sujianto.

Selain dari UMKM binaan Kodim 0415/Jambi, ikut pada pelatihan ini juga personel dari FKPPI PC 0501 Kota Jambi yang juga merupakan binaan Kodim 0415/Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *