Aster KASAD Pimpin Rakornis TMMD ke 115 di Jambi 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Komandan Kodim (Dandim) 0415/Jambi, Kolonel Inf Marsal Denny, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batanghari, mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 115 tahun 2022 di Ruang Data Markas Korem 042/Gapu, Jambi, Kamis (29/9/2022) kemarin..

Rakornis yang dipimpin langsung Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad), Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., secara virtual dari Mabesad Jakarta.

Kegiatan Rakornis juga diikuti Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., bersama Ketua DPRD Kabupaten Batanghari Anita Yasmin, S.E, Bupati Batanghari diwakili Kepala Bapeda Batanghari Mulawarmansyah, Kasiter Kasrem 042/Gapu Letkol Arm Budi Wahyono. S.H, Pasiter Dim 0415/Jambi Mayor inf Beny, dan Pasibakti TNI siterrem 042/Gapu Mayor Inf Iswadi.

Selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakornis TMMD ini merupakan tahapan persiapan, sebelum dilakukan pelaksanaan TMMD. “Tujuannya untuk membahas program yang dapat disinergikan pada pelaksanaan TMMD ke-115,” ujarnya.

Diungkapkan juga bahwa program TMMD ke- 115 ini akan dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten/kota, yang pelaksanaannya dimulai pada 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022 mendatang. Menurut Aster Kasad, bahwa program TMMD akan lebih mudah dan lebih maksimal hasilnya apabila dilaksanakan secara bersama-sama. TNI AD sebagai salah satu komponen kecil yang punya kontribusi tanpa didukung oleh kementerian terkait dan seluruh komponen masyarakat yang memang membutuhkan peningkatan kesejahteraan tentu pelaksanaannya tidak akan maksimal.

“Tapi ketika hal ini kita lakukan bersama, kita bahu-membahu, sama sama melangkah, tanggung jawab yang kita laksanakan sesuai dengan cita-cita dan tujuan pembangunan nasional yang termaktub dalam UUD 1945 alinea ke- 4, Insyaallah pelaksanaanya bisa lebih bagus,” kata Mayjen TNI Karmin Suharna.

Diakhir sambutannya, Aster Kasad, menyampaikan bahwa pada pelaksanaan program TMMD ke- 115 tahun ini juga akan dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) yang akan diikuti oleh para Dansatgas TMMD, para Wartawan cetak, online dan elektronik baik nasional maupun daerah. “Agar para Dansatgas yang dilapangan mempedomani ketentuan dan tujuan dilaksanakannya lomba karya jurnalistik, sehingga nantinya publikasi kegiatan TMMD ke- 115 tahun 2022 bisa lebih masif,” tutur Jenderal Bintang Dua ini.

Sementara itu, Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf Marsal Denny saat dikonfirmasi awak media, mengatakan bahwa kegiatan Rakornis TMMD dilaksanakan tersebut sebagai sarana untuk berkoordinasi dan berkomunikasi secara teknis, berdiskusi, serta menyinkronkan berbagai program Kementerian/LPNK yang dapat disinergikan dalam pelaksanaan program TMMD yang tahun ini mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri”.

“Dengan adanya kegiatan Rakornis tersebut, diharapkan ada saran, masukkan, dan ide-ide yang kreatif, inovatif, serta konstruktif dalam rangka mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD ke depannya,” kata Marsal.

Ditambahkan, bahwa program TMMD dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan meningkatkan kesadaran bernegara, sehingga tercipta situasi yang kondusif, terwujud kepatuhan hukum daya tangkal dan perlawanan wilayah dalam menghadapi ancaman dan gangguan serta terciptanya pertahanan darat yang tangguh.

“Jadi program TMMD ini bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat, akan tetapi juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dihadapi,” pungkasnya.

Sementara itu, Pasiter Mayor Inf Beni menambahkan untuk mendukung sosialisasi pelaksanaan program TMMD kepada masyarakat sekaligus sebagai bagian dari pemenuhan informasi publik, program TMMD yang akan digelar digelar pada 11 Oktober 2022 mendatang di Desa Kembang Sri Baru Kecamatan Muarosebo Ulu Kabupaten Batanghari, Jambi, kali ini juga digelar Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-115 TA 2022 bagi Dandim yang menjadi Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-115, serta wartawan media elektronik, cetak dan online.

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *