H Mukti: Mari Bersama Kita Kampanyekan PHBS, Dinas PUPR Bidang Cipta Karya Provinsi Jambi Turun ke Merangin

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Mari bersama-sama kita kampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), baik di tingkat keluarga maupun di tengah-tengah masyarakat, mulai dari Rukun Tetangga (RT), desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Pj Bupati Merangin, saat membuka Kampanye PSBH, yang diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Cipta Karya, di Auditorium Hotel Merangin Syariah, Rabu (29/11/23).

“Perilaku hidup bersih dan sehat itu sangat penting kita kampanyekan, sehingga masyarakat kita akan terbiasa dengan hidup sehat,” ujar Pj Bupati Merangin H Mukti pada acara yang dikuti sekitar 50 orang peserta, termasuk lurah/kades se-Kecamatan Bangko.

Dijelaskan H Mukti, PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.

“PHBS mencakup beratus-ratus, bahkan mungkin beribu-ribu perilaku yang harus dipraktekan dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, guna mewujudkan kesehatan,” terang Pj Bupati.

Pengelolaan air minum dan makanan yang memenuhi syarat lanjut H Mukti, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, mengelolaan limbah cair yang memenuhi syarat pemberantasan jentik nyamuk.

Selain itu masyarakat disarankan untuk tidak merokok di dalam ruangan tertutup dan kawasan-kawasan yang dilarang untuk tidak merokok. Masyarakat diminta untuk bersama-sama berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan.

Tampak hadir pada kampanye tersebut, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (PUPR) Provinsi Jambi Muhammad Fauzi diwakili Kasi Penyehatan Lingkungan Desi Kurnia Astuti dan Kadis Kesehatan Merangin drg Soni Propesma.(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *