H Mukti: TP PKK Mitra Kerja Pemerintah di Semua Sektor, Pj Bupati Merangin Buka Rakor TP-PKK

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah, dalam melaksanakan program Pemerintahan, pembanguan dan kemasyarakatan di semua sektor.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Pj Bupati Merangin H Mukti saat membuka rapat koordinasi (Rakor) TP-PKK kabupaten dengan TP-PKK kecamatan, desa dan kelurahan se-Kabupaten Merangin, Rabu (20/12/23).

Pada acara yang berlangsung di Auditorium rumah dinas bupati Merangin tersebut, H Mukti memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TP-PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan serta dasawisma.

“Terimakasih semua ibu-ibu TP-PKK telah bekerja keras menjadi matra kerja Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan program pemerintahan, pembanguan dan kemasyarakatan di semua sektor,” ujar Pj Bupati Merangin.

Semua itu dilakukan secara bersama-sama lanjut H Mukti, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup keluarga yang berdaya dan sejahtera, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan budaya.

Pada kesempatan itu, Pj bupati mengucapkan selamat kepada para Pembina Posyandu kecamatan se-Kabupaten Merangin yang baru dikukuhkan.

“Jalankan tugas dengan penuh amanah, sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab,” pinta H Mukti.

Diharapkan Pj bupati, para ibu-ibu ketua Pembina Posyandu Kecamatan, dapat mengembangkan Posyandu sebagai wadah strategis dalam menyampaikan program dan kegiatan Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut dikatakan H Mukti, posisi peran TP-PKK dan Posyandu harus menganut konsep kerjasama, sehingga walaupun status kelembagaan berubah namun subtansi kegiatan yang sudah dibangun selama ini tidak berubah.

“Semoga dengan telah dikukuhkannya ketua Posyandu kecamatan, dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pengurus Posyandu dalam kecamatan untuk berinovasi dalam pengelolaan Posyandu di wilayahnya masing-masing,” harap H Mukti.

Ketua Pembina Posyandu kecamatan, diharapkan nantinya bisa menjadi fasilitator, dinamisator dan katalisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Terpisah, Ketua TP-PKK Kabupaten Merangin Dr Hj Indria Mayesti, SE. ME menegaskan, TP-PKK di semua tingkatan saling bersinergi dan kerjasama guna mewujudkan visi dan misi PKK, bagaimana mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Semangat kolaborasi ini tentunya didukung Pak Pj Bupati Merangin H Mukti dan seluruh stakeholder yang ada, sehingga kader-kader PKK bisa terus bergerak maju dan berkembang mewujudkan kesejahteraan keluarga,” ujar Dr Hj Indria Mayesti, SE. ME.

Kalau kader PKK mewujudkan kesejahteraan keluarga terang Ketua TP PKK, Kader-kader Posyandu mempunyai tujuan bagaimana menciptakan anak-anak tumbuh sehat dan kuat, begitu juga dengan kader KB.

“Saya¬† yakin satu orang ibu bisa menjadi tiga kader tersebut. Jadi ibu-ibu tujukan peran ibu-ibu yang luar biasa sebagai kader. Kata sejahtera itu bukan berarti ibu-ibu harus mencari uang untuk keluarga,” terang Bunda PAUD Merangin ini.

Kata sejahtera itu jelas Dr Hj Indria Mayesti, SE. ME bagaiman keluarga itu bahagia lahir dan batin, anak-anak sehat. TP-PKK ada program K3 (kolam, kandang dan kebun). Nanti bisa minta bantu Kadis Perikanan mendapatkan bibit ikan.

“Dari Kadis Perkebunan dan Peternakan bisa minta bibit ayam, jangan langsung minta bibit sapi dan dari Pak Slamet bisa minta bibit-bibit pertanian, sehingga pekarangan rumah kita dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan keluarga,” jelas Ketua TP-PKK Merangin.

Hadir pada rakor yang berlangsung meriah penuh rasa kekeluargaan tersebut, Kadis PPKB Merangin H Abdaie, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Slamet Sudarsono dan Kadis PMD Merangin Andre.(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *