Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji 72 Panwascam Se-Kabupaten Merangin

  • JAMBI.KABARDAERAH.COM – Merangin Sebanyak 72 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Merangin  dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Panwascam se-Kabupaten Merangin dilaksanakan di Merangin Hotel, Jumat  (24/5/24).

Tampak anggota Panwascam hadir dengan menggunakan jas hitam, kemeja putih, lengkap dengan dasi berwarna hitam. Dari 72 anggota pengawas pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Merangin, berarti satu Kecamatan ada tiga (3) orang Panwascam, dari 72 panwascam tersebut diantaranya ada 14 orang Panwascam perempuan.

Dijelaskan oleh Himun Zuhri selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Merangin, sesuai acara pelantikan, Panwascam yang telah dilantik itu langsung diberikan arahan terkait kepemiluan hingga tugas dan fungsi panwascam. Kemudian, turun ke wilayah masing-masing, untuk berkoordinasi dengan stakeholder yang ada baik dengan Camat, Kapolsek, Danramil agar tahapan pemilu yang akan berjalan tidak mengalami kendala.

“Jadi, mereka langsung melakukan pengawasan, dalam proses verifikasi faktual partai politik yang sedang berjalan sekarang ini,” ucapnya.

Masih menurut ketua Bawaslu Kabupaten Merangin, setelah pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 72 orang penita Panwascam agar dapat menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang undangan yang telah di tetapkan, dan juga di harapkan kepada Panwascam agar dapat menjalin kerja sama yang baik di tingkat Kecamatan baik itu dengan internal maupun dengan pihak eksternal yang ada.

“Bawaslu Kabupaten Merangin pada saat ini dalam keadaan siap, untuk mengawasi semua proses pemilihan baik itu untuk Gubernur dan juga Bupati Kabupaten Merangin, dan panwascam akan di berikan pembekalan selama dua hari, mulai hari ini dan di lanjutkan dengan besok,” terang Himun.

Dan pada acara pelantikan tersebut dihadiri dari berbagai unsur, seperti Kapolres, Kodim, KPU, Kejaksaan Negeri, dan Forkopimda.

Penulis : Helmikey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *