Sambut HUT RI ke 77, Lomba Panco Piala Dandim 0415/Jambi Direbut Peserta Dari Jakarta 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia, Kodim 0415/Jambi menggelar perlombaan panco memperebutkan piala Dandim 0415/Jambi, di lapangan Kodim 0415/Jambi, Sabtu (13/8/2022).

Tampil juara dari dua kategori, yakni kelas 75 kg keatas dan kelas 75 kg kebawah direbut oleh peserta dari DKI Jakarta. Keduanya, mengalahkan perwakilan prajurit TNI dari Koramil jajaran dan dinas jawatan serta berbagai daerah, seperti Palembang, Lampung termasuk tuan rumah Jambi.

Menurut Dandim 0415/Jambi, Kolonel inf Marsal Denny, bahwa Kodim 0415/Jambi komitmen mengangkat kembali olahraga yang terinspirasi dari permainan tradisional.

Dia menginginkan akar budaya dan permainan tradisional dapat diperkenalkan kembali kepada generasi masa kini.

Dandim menilai, olahraga panco syarat dengan sportivitas, kepercayaan diri yang tinggi serta mampu mempererat persahabatan.

“Yang namanya pertandingan, semua harus sportif mau menerima kemenangan jika layak dan juga menerima kekalahan jika kurang beruntung,” tutur Danny.

Dirinya menambahkan, gelaran pertandingan panco ini memberikan edukasi tersendiri kepada para peserta tentang jiwa sportif.

“Disini mereka belajar menerima kekalahan dan kemenangan lawannya. Tidak boleh ada yang dendam bila kalah, semua saling menghargai satu sama lain,” ungkapnya.

Dandim mengatakan, banyak orang berpendapat panco sebagai ajang adu kekuatan, tetapi bagi juara panco, penguasaan tekniknya jauh lebih penting.

“Faktor utama untuk memenangkan lomba panco adalah cara memosisikan tubuh dan bahu saat bertanding, bukan kekuatan lengan,” tegasnya.

Hasil Lomba panco piala Dandim 0415/Jambi, untuk kelas 75 Kg ke atas, juara 1 Iwan Diono dari DKI Jakarta yang mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta. Juara 2, Agus isnan dari Lampung mendapatkan uang pembinaan Rp8 juta dan juara 3, Sandi dari Palembang mendapatkan uang pembinaan Rp6 juta.

Sedangkan kelas 75 Kg ke bawah, juara 1 Imam diraih Mulyana dari DKI Jakarta mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta Juara 2 Firmansyah dari Palembang uang pembinaan Rp8 juta dan juara 3, Jian Jikan dari Lampung uang pembinaan Rp6 juta.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *