Walikota Fasha Keluarkan Instruksi dan Press Release Terkait Virus Corona

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Meningkatnya wabah Virus Corona (Covid 19) di Indonesia membuat pemerintah harus cepat mengambil kebijakan, di Provinsi Jambi Gubernur Fachrori sudah mengeluarkan edaran dan sudah ditindaklanjuti oleh masing-masing daerah kabupaten/kota.

Terkait instruksi Gubernur tersebut, Walikota Jambi Fasha, langsung menggelar rapat dengan para OPD untuk mengambil sikap pemerintah kota Jambi terhadap Covid 19, dan inilah intruksi dan press release Walikota Jambi Terkait Langkah-langkah Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Kota Jambi:

1. Pemerintah Kota Jambi terus berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat, para ahli kesehatan dan berbagai pihak, untuk mengantisipasi penanganan penyebaran COVID-19.

2. Pemerintah Kota Jambi membentuk Gugus Tugas (Task Force), mengacu pada Instruksi Presiden, yang akan bekerja bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah tetangga.

3. Meliburkan anak sekolah tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP sederajat dalam kurun waktu 1 (satu) minggu kedepan (Mulai Selasa, 17 Maret 2020 s.d. 23 Maret 2020).

4. Dalam rangka mengantisipasi penimbunan bahan sembako oleh pedagang dan suplier, akan dilaksanakan pemeriksaa rutin bersama Tim Satgas Pangan.

5. Pemerintah Kota Jambi melakukan beberapa kebijakan terkait penanganan pemyebaran COVID-19, antara lain:

a. Menyiapkan Ruang Command Center Penanganan COVID-19, bertempat di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi.
b. Mengeluarkan Instruksi Wali Kota tentang upaya penanganan penyebaran COVID-19, antara lain :

– Meminta pengelola Swalayan/Minimarket/Toserba/Pusat Perbelanjaan/Hotel/dan tempat publik lainnya, untuk menyediakan sarana cuci tangan dengan air mengalir dan atau hand sanitizer, serta alat pengukur suhu.

– Menyiapkan ruang isolasi awal/sementara disemua Rumah Sakit dan Puskesmas, sesuai standar WHO
– Melalui Dinas Kesehatan Kota Jambi, mengadakan penyuluhan/diseminasi terkait penanganan COVID-19, perilaku hidup sehat, serta cara mencuci tangan yang benar.

6. Menunjuk RS Siloam untuk menjadi Rumah Sakit Rujukan COVID-19 skala Kota Jambi, selain RSUD Raden Mattaher.

7. Membatalkan kegiatan dan atau acara yang dilaksanakan diluar ruangan. Kepada masyarakat juga dihimbau untuk membatasi diri untuk berkegiatan diluar ruang dan menghindari keramaian, untuk mempersempit potensi penularan.

8. Kepada masyarakat, untuk tetap tenang, tidak panik dan tetap produktif, namun tetap meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran COVID-19 bisa kita hambat dan hentikan. Ini saatnya kita kerja bersama, saling tolong menolong, bergotong royong dan bersatu padu, sehingga penanganan penyebaran COVID-19 bisa maksimal.

9. Meningkatkan ketakwaan dan mempertebal keimanan, sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *