7 Tempat Wisata di Samarinda Paling Populer

Saat berkunjung ke Pulau Kalimantan, Samarinda merupakan salah satu kota yang wajib untuk dikunjungi. Sebagai ibukota Kalimantan Timur, wisata Samarinda terkenal dengan daya tarik wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner.

Dengan luas mencapai 718 km persegi, Samarinda memiliki begitu banyak gunung, danau dan hutan yang sangat luas. Hal ini pula yang membuat Samarinda memiliki segudang panorama alam yang cantik memesona. Ditambah berbagai peninggalan sejarah dan budaya menjadikan Samarinda kota yang eksotis dan penuh makna untuk dikunjungi.

7 Wisata Samarinda Populer yang Wajib Dikunjungi    

Dengan banyaknya kekayaan alam yang dimiliki, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda coba saat berkunjung ke kota  di pinggir Sungai Mahakam ini. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Pulau Kumala

Sebagai salah satu wisata alam di Samarinda yang cukup populer, Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam. Di pulau ini Anda bisa menemukan beberapa bangunan adat, candi dan patung lembu. Selain peninggalan budaya, terdapat pula berbagai wahana permainan berupa kereta mini,  komedi putar, kereta gantung dan banyak wahana menarik lainnya. Terdapat pula sky tower setinggi 75 meter yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan dari ketinggian.

2. Bukit Anggana

Kerap disebut sebagai bukit teletubbies, saat musim penghujan bukit ini akan tampak seperti bentangan karpet hijau raksasa. Terletak di wilayah Anggana, Kutai kartanegara, waktu yang tepat untuk berkunjung ke bukit ini adalah saat musim hujan untuk bisa mendapatkan pemandangan yang lebih indah. Namun jika Anda berkunjung saat musim kemarau, bukit ini akan terlihat kering dan kekuningan.

3. Mahakam Lampion Garden

Jika Anda ingin merasakan wisata malam di Samarinda, terdapat beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi salah satunya Mahakam Lampion Garden. Berlokasi persis di tepian Sungai Mahakam, tempat yang diresmikan pada November 2015 ini menawarkan pemandangan malam yang cantik dengan pijar dari aneka bentuk lampion seperti bunga, aneka hewan, pepohonan, dan juga miniatur Tugu Monumen Nasional. Konsep yang diusung Mahakam Lampion Garden berupa waterfront city atau pengembangan daerah tepian Sungai Mahakam. Di sini terdapat banyak tempat makan dan wahana bermain anak. Beroperasi setiap hari sejak pukul tiga sore, harga tiket ke taman ini sebesar Rp 15.000 per orang.

4. Kampung Tenun Samarinda Sebagai destinasi wisata belanja oleh-oleh paling populer di Samarinda, disini Anda bisa berbelanja berbagai jenis kain tenun khas Kalimantan. Terdapat pula dua kampung yang menjadi  tempat wisata kerajinan tenun.

5. Bukit Steling

Untuk Anda yang mencintai wisata alam, rasanya melakukan hiking di Bukit Steling bisa menjadi pilihan yang tepat. Berlokasi di daerah Selili, Kecamatan Samarinda, di bukit ini para pengunjung bisa menjajal jalur menanjak sepanjang satu kilometer sambil menyusuri hutan kota untuk mendapatkan pemandangan indah nan hijau dari atas puncak.

6. Kampuang Nasi Kuning Samarinda

Saat berjalan-jalan di Samarinda, tempat wisata kuliner adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Salah satu tempat wisata kuliner di Samarinda adalah Kampuang Nasi Kuning Samarinda yang menyerupai sebuah jalan dengan banyak penjual nasi kuning berdagang di sepanjang jalan tersebut. Banyak wisatawan berkunjung ke sini untuk menikmati Nasi Kuning Samarinda yang merupakan makanan khas warga Samarinda.

7. Soto Banjar Rumah Makan Amado

Kuliner satu ini sebaiknya tidak Anda lewatkan saat berkunjung di Samarinda. Berdekatan dengan kota Banjarmasin, membuat warna kuliner di kota Samarinda ikut terpengaruh budaya suku Banjar. Seperti soto banjar yang menjadi menu favorit di kota ini. Rasanya sangat lezat dengan bumbu kuah yang khas disertai suwiran ayam, soun rebus, perkedel kentang, potongan telur dan taburan daun seledri. Untuk menikmati Soto Banjar yang terkenal akan kelezatannya, Anda bisa mengunjungi Rumah Makan Amado di Jl. Pangeran Diponegoro No.43, Kec. Samarinda Kota.

Semoga ulasan tempat wisata di atas bisa membantu memberi gambaran pada Anda tempat apa saja yang akan dikunjungi saat berkunjung ke Samarinda. 

Periode libur lebaran yang segera datang, selain bisa dijadikan momen yang pas untuk mudik sekaligus berlibur, bisa dijadikan kesempatan untuk mengunjungi kota Samarinda ataupun kota-kota lainnya di Kalimantan. Jika Anda berasal dari luar pulau Kalimantan, menggunakan moda transportasi pesawat terbang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencapai Samarinda. 

Untuk menghemat bujet dan terjamin keamanannya, pastikan memesan tiket lewat platform terpercaya seperti di Blibli. Dapatkan banyak penawaran harga promo terbaik untuk semua rute keberangkatan dengan pesawat terbang. Membeli tiket pesawat di https://www.blibli.com/travel/tiket-pesawat/ selain hemat dan praktis, dapatkan pula poin rewards untuk setiap pembelian tiket pesawat di Blibli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *