Geopark Merangin Peringkat Pertama Dunia, Kategori Best Practice Award 2023 Anugerah UGG Di Maroko

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Merangin-Jambi UNESCO Global Geopark (MJUGGp) meraih peringkat pertama dunia untuk kategori Best Practice Award 2023, pada acara Anugerah UNESCO Global Geopark yang dilaksanakan di Marakesh – Maroko, Minggu (10/9/23).
Hal tersebut sebagaimana dikatakan Bupati Merangin H Mashuri, melalui General Manager Badan Pengelola (BP) Geopark Merangin-Jambi Dr Agus Zainuddin, usai menerima penghargaan bergensi itu di Maroko via ponsel kepada Kominfo News.
‘’Republik Indonesia melalui Kabupaten Merangin-Provinsi Jambi benar-benar menjadi perhatian dunia pada acara itu. Nama Merangin khususnya benar-benar terangkat pada Konferensi Internasional GGN tersebut,’’ujar Agus.
Diraihnya Best Practice Award 2023 itu jelas Agus, merupakan prestasi dan anugerah atas dedikasi seluruh Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi. ‘’Selamat kepada Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi dimanapun berada,’’kata Agus.
Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi lanjut Kepala Bappeda Merangin tersebut, telah mengukir sejarah dunia melalui Geopark Merangin-Jambi dengan lika-liku perjuangan panjang.
‘’Izinkan saya mengibarkan Bendera Merah Putih atas nama kalian tim hebat untuk MJUGGp sebagai Institusional member Global Geopark Network,’’ungkap Agus sangat bersemangat.
Selain itu sambung Agus, prestasi tersebut juga tidak lepas dari peran semua Masyarakat Hukum Adat Serampas, terutama Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. ‘’Terimakasih masyarakat Adat Serampas,’’ucapnya.
Prestasi tersebut tegas Agus, benar-benar prestasi dan pencapaian yang luar biasa. Dimana perjalanan panjang Geopark Merangin-Jambi yang cukup berat dan sempat ditangguhkan pada usaha pertama  2014, kini bisa bergabung menjadi anggota UGGp.
Tak hanya itu, Agus juga mengucapkan terimakasih atas usaha dan peran KKI-Warsi selama ini, yang telah mendampingi praktek baik di Desa Rantau Kermas, Desa adat, desa energi terbarukan, desa mandiri energi sebagai contoh praktik terbaik dari pembangunan berkelanjutan yang dijalankan oleh komunitas.
Prestasi ini milik seluruh Rakyat Republik Indonesia, masyarakat Provinsi Jambi khususnya seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Merangin ‘’Mari kita sambut tamu kita nanti dengan keramah-tamahan kearifan lokal kita,’’pinta Agus.
Di penghujung pembicaraannya, Agus sembari mengepalkan jari tangan kanan dan mengangkatnya mengucapkan ‘Salam Geopark, memuliakan bumi untuk mensejahterakan masyarakat’. (Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *