Kadis Perhubungan Dampingi Gubernur Jambi Bagi Sembako ke Sopir AKDP

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Gubernur Jambi Fachrori Umar menyerahkan bantuan paket sembako Dinas Perhubungan Provinsi Jambi kepada awak angkutan umum dalam provinsi (AKDP), yang terdampak Covid-19, Rabu (17/6/2020) pagi.

Penyerahan berlangsung di aula Dishub dan dihadiri kadishub Varial Adhi Putra, Kadinsos Arif, Karo Humas dan Protokol, Johansyah.

Kepada penerima bantuan paket sembako Fachrori berharap agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ditambahkan Fachrori, bantuan sebagai bentuk perhatian pemerintah mepada masyarakat.

“Penyerahan bantuan dilaksanakan mengingat saat ini banyak kegiatan ekonomi masyarakat yang terhenti akibat virus Corona. Sementara pada saat yang sama masyarakat sangat membutuhkan bahan pangan dalam melakukan Aktivitas keseharian.”

“Pemerintah menyadari keterbatasan kemampuan anggaran dalam pemenuhan keseluruhan keluarga yang terdampak pandemi Corona. Untuk itu, saya menghimbau kepada kita semua yang berkeecukupan baik pelaku usaha, badan usaha perseorangan agar dapat memberikan bantuan guna meringankan beban masyarakat yang kurang mampu,” ujar Fachrori.

“Alhamdulillah saat ini kita sudah memasuki era tatanan kehidupan baru yang maksudnya bahwa kita mulai aktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, membiasakan mencuci tangan dengan sabun setelah melaksanakan aktivitas, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dengan tujuan mengantisipasi penyebaran covid-19,” tegasnya.

Ditambahkan Fachrori, pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya meliburkan kegiatan belajar di sekolah , melaksanakan pekerjaan kantor di rumah serta membatasi kegiatan usaha.

Akibat dari kebijakan tersebut, kata Fachrori banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya bahkan ada yang melakukan pemutusan hubungan kerja. Mengingat tempat mereka bekerja tidak beroperasi lagi.

“Masyarakat yang bekerja di sektor informal seperti pelaku usaha mikro kecil dan menengah UMKM, pedagang dan tukang ojek menjadi pihak yang merasakan dampak yang signifikan.”

“Demikian pula yang berprofesi sebagai sopir, baik angkutan barang maupun kendaraan umum. Oleh karena itu untuk mengantisipasi dampak negatif dari penyebaran virus Corona yang mematikan tersebut.”

“Pemerintah provinsi juga telah meluncurkan beberapa kebijakan untuk meminimalisir dampak negatif covid 19. Diantaranya membentuk dan mengoptimalkan gugus tugas penanggulangan dan penanganan penyebaran covid-19.”

“Selain itu Pemprov Jambi melakukan refocusing anggaran dengan mengalihkan anggaran yang kurang penting dalam kegiatan convid19 berupa bantuan finansial bagi 30000 rumah tangga yang terdampak covid 19 di seluruh kabupaten kota dalam provinsi Jambi,” tutup Fachrori.

Sementara, Varial Adhi Putra menyampaikan terima kasih atas kesediaan Gubernur untuk menyerahkan paket bantuan sembako ini. Disampaikan Varial Adhi Putra, awak angkutan yang menerima bantuan berasal dari 12 perusahaan.

Ditambahkannya, bantuan merupakan program pemerintah provinsi melalui dinas sosial dan kependudukan sipil dalam bentuk jaring pengaman sosial.

“Awak kendaraan umum ini yang terkena dampak akibat covid 19, di mana dengan tidak beroperasinya kendaraan angkutan umum pada saat pandemi covid 19.”

“Telah menyebabkan awak kendaraan umum menjadi pengangguran baru. Alhamdulillah pada kesempatan ini Bapak Gubernur akan berkenan hadir.”

“Ada 100 paket sembako diberikan kepada para awak kendaraan umum dari 12 perusahaan, dengan usulan awal lebih kurang 340 orang.”

“Dan untuk itu atas nama Dinas Perhubungan Provinsi Jambi dan para operator kendaraan umum mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur dan pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan perhatian kepada para pelaku transportasi dalam rangka meringankan beban saudara kita akibat covid 19,” pungkas Varial Adhi Putra.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *