Ketua DPRD Edi Purwanto: Jika Tidak Ada Anggaran Untuk Sungai Batanghari Bersih 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan wacana Sungai Batanghari bersih yang digodok oleh Pemerintah Provinsi Jambi, harus benar-benar dianggarkan.

Setelah Edi melakukan pemeriksaan terhadap APBD Provinsi Jambi pada zaman sebelumnya memang tidak pernah dianggarkan untuk Sungai Batanghari, dirinya dengan lantang menyebut gerakan Sungai Batanghari bersih ini jika tidak ada anggaran berarti hanya omong kosong.

“Baru kali ini kita khusus untuk Batanghari, dari jaman bengen saya buka buku APBD memang tidak ada anggaran untuk Batanghari, kalau gak ada anggaran untuk ngurus sungai Batanghari berarti cuma ngomong doang pak, saya pikir dengan komitmen bersama pencanangan Sungai Batanghari bersih tanpa pencemaran,” beber Ketua DPRD Provinsi Jambi, Senin (14/3/2022).

Menurut Edi, ada 3 pendekatan yang harus dilakukan agar wacana Sungai terpanjang di pulau Sumatera itu bisa bersih dan berjalan dengan baik, dimana karakteristik masyarakat Provinsi Jambi menjadi salah satu hal penting untuk kelancaran dan keberlangsungan wacana tersebut.

“Menurut saya ada 3 pendekatan bagaimana sungai Batanghari ini menjadi urat nadi bagi Provinsi Jambi, dengan luas provinsi dan sungai sepanjang 800 KM bagi saya ini masalah yang kompetitif, yang pertama itu budaya, adat maka melalui ini akan ada kesadaran kolektif masyarakat Provinsi Jambi untuk menjaga alam ini ” Jelasnya.

Yang kedua Edi Purwanto menyebut pendekatan politik turut menjadi hal penting yang harus dilakukan dengan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Pemerintah Desa sebagai bentuk kontrol dalam wacana Pemerintah Provinsi Jambi itu.

“Mengapa butuh pendekatan politik, ya kita butuhkan komitmen bersama tadi seperti yang bapak katakan tadi dan secara tertulis saya pikir kontrol kita akan lebih kuat,” katanya.

Kemudian yang terakhir menurut kaca mata Edi Purwanto adalah pendekatan hukum mengingat banyaknya aktivitas pembalakan liar dan PETI menjadi salah satu penyebab Sungai Batanghari Keruh.

” Pendekatan Hukum itu penting karena ada 3 hal yang menyebabkan keruh seperti saat ini, yang pertama pembalakan liar, yang kedua diduga pembuangan limbah ke Sungai Batanghari beberapa laporan ada, dan yang ketiga Pertambangan Emas Tanpa Izin karena kita juga belum serius mengatasi Peti ” Tutupnya.

Diketahui permasalahan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) tidak hanya masalah penegakan hukum saja, namun ada permasalahan sosial dan ekonomi yang juga harus dipikirkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *