Selamatkan Ekosistem Alam, Korem 042/Gapu Bersama Kodim 0415/BTH Tanam Ribuan Pohon

Jambi I Kabardaerah.com — Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 73 tahun 2018, Korem 042/Gapu bersama Kodim 0415/Bth menggelar kegiatan penghijauan penanaman 2000 pohon secara simbolis dilapangan Pesantren As’Ad, Kota Jambi, Jambi.

Kegiatan yang bertajuk TNI-AD Mengabdi dan Membangun bersama Rakyat itu turut dihadiri oleh Wakil Walikota Jambi Dr Maulana, Kapolresta Jambi, Dandim 0415/Bth Lekol Inf Denny Noviandi, Pimpinan Pesantran As’ad serta seluruh unsur lapisan masyarakat yang hadir.

Danren 042/Gapu Kolonel Inf, Dany Budiayanto SE mengatakan kegiatan ini merupakan upaya dari pihak TNI-AD untuk mengembalikan ekosistem alam, karena diakuinya saat ini penggundulan lahan selalu terjadi sehingga akan mengakibatkan bencana alam, seperti kebanjiran, kekeringan dan bahkan kebakaran.

“Tidak ada salahnya kita menanam pohan, karena kita sering melihat kerusakan akibat pohon yang sedikit karena ditebang, akibatnya kita sendiri yang meraskannya. Kita tau dibeberapa tempat banjir terus saja terjadi, tanah longsor, penahan tanggul tidak ada karena berkurangnya pohon tadi,” sebutnya, usai mempin apel, Rabu (12/12/2018).

Kemudian dikatakannya, apa lagi saat ini situasi semakin panas serta terjadinya pemanasan global secara umum, akibatnya yang terjadi bencana alam terjadi dimana-mana. Untuk itu dia menghimbau kepada masyarakat luas mulai saat ini untuk gemar menanam pohon, dan tidak hanya dilaksanakan oleh pihak-pihak tertentu saja.

“Ada lahan kita yang kosong kita tanami, pasti bisa tumbuh asal kita mau,” imbuhnya.

Dia menilai, khusus di Provinsi Jambi ada beberapa wilayah menurutnya masih banyak lahan yang kosong yang bisa ditanami, seperti di Kerinci serta Tanjung Jabung Timur maupun Tanjung Jabung Barat.

Selain itu menurutnya, pengurangan pohan akibat terjadinya membuka lahan dan ilegal loging juga disebabkan adanya aktifitas tambang, baik batubara maupun tambang emas, maka dia mengajak untuk kembali menghijaukan daerah pertambangan tersebut.

Untuk diketahui, penanaman 2000 pohon itu disebarkan keseluruh Kodim dan Koramil se-Provinsi dengan berbagai jenis kayu, selain itu juga progam penanaman pohon ini sudah gencar dilakukan oleh Korem 042/Gapu kewilayah terpadu ditempat Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi.

Sementara itu, Pemerintah Kota Jambi juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap Korem 042/Gapu serta Kodim 0415/BTH yang telah peduli terhadap penghijauan dengan progam penanaman pohon.

Wakil Walikota Jambi Dr Maulana mengatakan program penghijauan penanaman pohon itu selaras dengan program Pemerintah Kota Jambi, seperti setiap pengantin baru diwajibkan menanam pohon.

“Kegiatan ini sangat membantu kami dalam rangka menciptakan ruang terbuka hijau dan menjaga ekosistem kita untuk mencegah banjir serta membuat kota ini lebih indah,” ujarnya.

Penulis: Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *