Dishub Provinsi Jambi Sebut Jalur Angkutan Batubara di 3 Kabupaten Dalam Tahap Pembebasan

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Terkait pembangunan jalur khusus angkutan batubara, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi menyatakan saat ini tahap pembebasan lahan di 3 kabupaten.

“Untuk jalur khusus batubara ini kita sudah melakukan rapat, jadi hasilnya lahan di 3 Kabupaten sudah dibebaskan. 3 Kabupaten itu Sarolangun, Batanghari dan Muarojambi,” kata Wing Gunariadi, Kabid Perhubungan Darat dan Perkeretaapi.

Dikatakan Wing, setelah pembebasan lahan ini, untuk pembangunan jalur batubara tinggal melakukan pengerasan dan pengaspalan saja.

“Kalau dari hasil rapat itu saya liat, pembebasan sudah sampai di Kabupaten Muarojambi, hanya saja tinggal melakukan pengerasan dan pengaspalan,” jelasnya, Kamis (27/6/2019).

Selain itu, Wing juga menyampaikan bahwa, solusi dari angkutan batubara ini memang harus dibangun jalur khusus.

“Kalau batubara ini melalui jalur sungai, itu paling hanya bertahan berapa lama nian. Karena kita tau, air itu kan ada pasang surutnya, sedangkan batubara kita tidak ada batasnya,” ujarnya.

Ditambahkan Wing, dalam mengatasi batubara di Provinsi Jambi yang tidak ada batasnya itu, pihaknya membatasi dengan jam operasional.

“Saat ini kan, angkutan batubara boleh melintas pada pukul 18.00 hingga 06.00. Itu lah cara kita membatasi angkutan batubara saat ini,” tuturnya.

Wing juga membeberkan, bahwa pihaknya tidak henti-hentinya melakukan tindakan kepada angkutan batubara yang melanggar dari ketentuan jam operasional.

“Setiap saat kita beri tindakan hukum bagi yang melanggar dari jam ketentuan operasional,” tandasnya.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *