Pasutri ini Diisolasi di RS Abdul Manaf  Usai Dari Luar Negeri

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Usai pulang dari perjalanan ibadah umrah dari Tanah Suci, Mekkah, pasangan suami istri (pasutri) di Kota Jambi ini langsung diisolasi di Rumah Sakit (RS) Abdul Manaf, Kota Jambi.

Kepada sejumlah media, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, dr Ida Yulianti menceritakan, bahwa kedua pasutri itu merupakan pasien yang pernah melakukan perjalanan keluar negeri untuk melaksanakan ibadah umrah.

“Jadi kemarin ada yang pulang dari umrah, selanjutnya tanggal 13 kemarin masuk ke Rumah Sakit Abdul Manaf,” ujarnya, Sabtu (14/3/2020).

Diakuinya, pihaknya sudah menjalankan protap bahwa semua yang pulang dari luar negeri yang ada sakit demam, batuk, pilek, maka harus dimasukkan ke ruang isolasi.

“Dikarenakan pasien memiliki riwayat dari luar negeri, dan saat diperiksa memiliki gejala itu sehingga pihak rumah sakit mengambil suatu kebijakan,” tutur Ida.

Pertama, katanya, pihaknya melihat riwayat, kedua dengan gejala klinis sehingga rumah sakit mengambil suatu kebijakan menjalankan prosedur tetap.

Sementara Direktur Rumah Sakit Abdul Manaf Jambi, Rudi Pardede yang mendampingi dr Ida Yulianti, mengatakan pasangan suami istri itu berumur 74 dan 59 tahun.

“Jadi pasien ini adalah pasangan suami istri. Beliau ini baru balik dari umrah pada tanggal 6 Maret melalui Palembang dan kembali ke Jambi. Baru kemarin jam 10.00 WIB kedua pasien ini masuk keruang UGD RS Abdul Manaf,” ungkapnya.

Kemudian, dikarenakan adanya suatu kebijakan atau Prosedur tetap (Protap) dan pasien memiliki riwayat dari luar negeri sehingga harus menjalani prosedur tersebut.

“Sampai hari ini, karena kita masih menjalankan protap maka dari Dinas Kesehatan Kota dan dari Dinas Kesehatan Provinsi sudah mengambil slot dari tenggorokan pasien tersebut untuk diperiksa ke Jakarta dan hasilnya diperkirakan keluar paling cepat keluar satu minggu kedepan,” imbuh Rudi.

(aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *