UMUM, VIRAL  

Alasan Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Jalan, Sudah Tahu Belum?

Mesin mobil tiba tiba mati ketika Anda sedang berkendara di tengah jalan raya? Tentu saja Anda akan cemas dan mungkin banyak orang akan membunyikan klakson membuat semakin panik. Saat mengalami hal ini cobalah untuk menepikan kendaraan agar lebih aman.

Pada saat mobil berada di jalur yang aman barulah Anda bisa mencoba mencari tahu apa yang menyebabkannya mati. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya dan mungkin Anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Cek keenam penyebabnya ini.

6 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Jalan

Beberapa hal yang membuat mobil mati seringkali adalah masalah sepele yang mungkin Anda lewatkan. Jadi jika mengetahui penyebab ini Anda tidak perlu sampai menelepon bengkel untuk mengirimkan teknisi atau menderek mobil.

Berikut ini beberapa penyebab yang bisa Anda cek terlebih dahulu.

Bahan Bakar Habis

Sudah jadi rahasia umum jika banyak pengendara yang lupa mengecek bahan bakar. Anda yang mungkin sangat sibuk lupa kapan terakhir kali mengisi bahan bakar dan tidak melihat indikator isi tangki bbm. Bisa juga dikarenakan indikator tangki bbm ini mengalami kerusakan sehingga Anda tidak sadar bahwa sudah kosong.

Kurangnya Air Radiator

Penyebab lain bisa dikarenakan air radiator yang mengalami kebocoran sehingga jumlahnya kurang. Biasanya ini terjadi pada mobil keluaran lama. Anda bisa mengecek dengan membuka kap mesin dan mencari tahu letak tutup radiator. Pada bagian tutup seharusnya air radiator ada di atas garis standar.

Kerusakan Alternator

Disebut juga sebagai dinamo ampere yang jika rusak bisa menyebabkan mesin mobil mati. Fungsi dari alternator adalah menyuplai listrik, jika komponen ini rusak maka aliran listrik menjadi tidak stabil dan mesin mati.

Rusaknya Aki Mobil

Bukan hanya alternator yang jadi komponen penyuplai listrik yang bisa bermasalah. Aki yang sudah tidak bisa menyimpan daya juga bisa menyebabkan mesin mati. Bukan hanya mati mendadak, Anda juga akan kesulitan ketika starter mobil. Sebaiknya jika mobil mulai sulit dinyalakan Anda bisa mengecek aki sebelum mobil mati mendadak.

Longgarnya Baut Mesin

Pada mobil lama baut mesin seringkali longgar, hal ini membuat getaran mesin pembuat kinerjanya tidak berfungsi dengan baik. Meskipun sudah memiliki peredam namun jika baut longgar bahkan lepas getaran yang begitu kencang sulit dihentikan. Mesin pun bisa aus dan akhirnya mobil menjadi mogok.

Kerusakan pada ECU

Mobil tiba-tiba mati juga bisa disebabkan oleh Electronic Control Unit (ECU). Komponen yang bisa dikatakan sebagai otak mobil ini berfungsi untuk semua sirkuit elektronik pada mobil yang utama. Semua fungsi mekanis dapat berjalan baik dengan ECU.

Ketika mengalami kerusakan maka fungsi mekanis mobil bermasalah dan salah satu tanda yang muncul mobil akan mogok. Sebelumnya jika terjadi kerusakan, indikator ECU di dashboard juga akan menyala, jadi sebaiknya Anda mengecek hal ini supaya lebih aman.

Mesin mobil tiba tiba mati dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Jika mobil sudah tidak bisa diperbaiki bahkan mati total sebaiknya Anda membeli mobil baru seperti Hyundai Stargazer. Mobil keluaran Hyundai ini bisa Anda langsung pesan melalui Blibli.

Anda bisa memilih langsung variannya di Blibli baik dari tahun keluaran sesuai yang dibutuhkan, warna mobil sampai dengan harganya lengkap tersedia. Supaya mudah Anda juga bisa memilih mobil di Blibli sesuai dengan kota tempat tinggal jadi memudahkan pembelian. Langsung saja cek mobilnya di Blibli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *