Pemkot Jambi Sembelih 163 Ekor Hewan Kurban

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Jambi melaksanakan pemotongan hewan kurban. Tapi berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 1440 Hijriah kali ini Pemkot Jambi menyembelih 163 ekor hewan kurban.
Dari 163 ekor hewan kurban tersebut, terdiri dari 150 ekor sapi dan 13 ekor kambing, termasuk pula sapi kurban dari Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan keluarga.
Wali Kota Jambi Syarif Fasha kepada media ini mengakui adanya jumlah peningkatan drastis dari tahun sebelumnya. “Pemkot Jambi pada tahun lalu, melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 104 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Tahun ini sebanyak 163 ekor hewan kurban,” ungkapnya, Senin (12/8/2019).
Diakuinya, dari 163 ekor hewan kurban tersebut, sebanyak 25 sapi disembelih di Kantor Wali Kota Jambi, yang dilaksanakan seusai salat Idul Adha berjamaah kemarin, dan sisanya, disalurkan ke berbagai masjid, langgar, dan pondok pesantren yang tersebar di wilayah 11 kecamatan dalam Kota Jambi.
Selain itu, tambahnya, hewan kurban dari Pemkot Jambi juga didistribusikan di berbagai instansi, baik lingkup Pemkot Jambi maupun jajaran Forkompimda Kota Jambi.
Tidak hanya itu, Pemkot Jambi juga telah menyebar ribuan kupon yang dibagikan kepada masyarakat yang layak menerima. Diantaranya para kaum dhuafa yang berdomisili di lingkungan perkantoran Wali Kota, pegawai honorer di lingkup Pemkot Jambi, termasuk pula para petugas penyapu jalan atau PHL kebersihan.
Wali Kota Jambi Syarif Fasha, mengapresiasi atas makin tingginya tingkat kesadaran ASN dilingkup Pemkot Jambi untuk menunaikan ibadah Qurban, disetiap tahunnya.
“Alhamdulillah tingkat kesadaran ASN melaksanakan ibadah qurban, setiap tahun terus meningkat. Terbukti pada tahun ini jumlah hewan qurban yang disembelih, meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya. Ini menunjukkan Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Jambi, semakin taat dalam menjalankan ibadah qurbannya. Dengan harapan, tahun depan InsyaAllah bisa lebih banyak lagi,” kata Fasha.
Fasha juga mengungkapkan syukurnya, karena ibadah qurban dilingkup ASN Pemkot Jambi, yang telah dicanangkannya sejak 4 tahun lalu itu, selalu antusias diikuti oleh seluruh pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Jambi.
Berdasarkan pantauan dilapangan, hewan qurban yang disebar di 11 kecamatan dalam Kota Jambi itu, juga disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat setempat. Seperti dikatakan oleh Ibu Mirna, yang berdomisili di wilayah Broni, Kecamatan Danau Sipin, dimana dirinya sehari-hari bekerja sebagai buruh pengupas bawang di Pasar Angso Duo.
“Alhamdulillah, setiap tahun sejak Pak Fasha jadi Wali Kota, di kantor Camat (Danau Sipin-red), selalu ado pembagian daging qurban untuk kami warga sekitar. Bersyukur nian dengan adonyo pembagian ini, biso meringankan beban pengeluaran kamindi hari rayo haji ni, Alhamdulillah”, ujarnya.
Hal senada juga diungkapkan Ibu Rohaya, petugas kebersihan diseputar Tugu Keris Siginjai Kotabaru. Dirinya mengungkapkan rasa bahagianya, atas perhatian yang diberikan oleh Wali Kota dan jajaran Pemkot Jambi.
“Kami selamo Pak Fasha jadi Wali Kota ni, alhamdulillah kami dan kawan-kawan penyapu jalan ni meraso sangat diperhatikan nian. Setiap hari rayo, beliau dak pernah lupokan kami. Mulai dari pembagian sembako, THR, sampai daging qurban ni. Semoga kami petugas kebersihan di selalu diperhatikan. Semoga beliau, Pak Wawako dan pegawai Pemkot Jambi selalu diberi rezeki berlimpah,” sebutnya saat penyerahan daging qurban di lapangan Balaikota Jambi.
Sebagaimana diketahui bahwa, sebagai kepala daerah, Wali Kota Jambi Syarif Fasha memang gencar untuk membangkitkan kesadaran individu jajarannya, untuk senantiasa bersemangat dalam menunaikan syariat sesuai dengan kewajibannya. Seperti menunaikan ibadah qurban, zakat, infaq dan shadaqah.
Menurut Fasha, sebagai sesama muslim, saling mengingatkan untuk berbuat kebaikan adalah hal yang wajib, terutama bagi dirinya sebagai pemimpin di Kota Jambi. Terlebih pula, ibadah qurban memiliki nilai sosial yang tinggi, dimana esensi ibadah qurban adalah perjuangan, kesabaran dan keikhlasan itu diharapkan dapat membentuk pribadi ASN Pemkot Jambi yang peduli dengan sesama, khususnya kepada kaum dhuafa di Kota Jambi yang membutuhkan uluran tangan.
Pada kesempatan ibadah qurban tahun ini,Wali Kota Fasha juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga nilai kepedulian lingkungan dalam setiap momentum ibadah religi, termasuk dalam ibadah qurban. Pada ibadah qurban kali ini, Wali Kota Fasha mengajak masyarakat untuk tetap membatasi penggunaan wadah kantong plastik di wilayah Kota Jambi.
Bahkan dirinya mengeluarkan himbauan kepada panitia qurban dan seluruh masyarakat Jambi untuk tidak menggunakan wadah kantong plastik sebagai wadah untuk membungkus daging qurban yang akan didistribusikan ke masyarakat. Wali Kota Jambi itu menghimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri ataupun mengunakan alternatif wadah lain yang lebih ramah lingkungan.
Hal tersebut dituangkan oleh dirinya dalam surat edaran yang dikeluarkan tertanggal 8 Agustus 2019 lalu. Dalam surat edaran tersebut, tertera dasar hukum yang mendasari kebijakan pro lingkungan tersebut, yaitu Peraturan Wali Kota Jambi Nomor 61 Tahun 2018  tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik.
Wali Kota dengan jargon Terkini itu, bahkan mencontohkan sendiri saat prosesi pemotongan dan pembagian ibadah qurban di lapangan Balaikota Jambi dengan menggunakan wadah besek yang terbuat dari anyaman bambu yang memanfaatkan pengrajin lokal di Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *