BC Jambi Gagalkan Penyelundupan Jutaan Batang Rokok Tanpa Cukai

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Peredaran rokok tanpa cukai ternyata masih marak di Jambi. Buktinya, tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Jambi berhasil menggagalkan pengiriman rokok sebanyak 1.760.000 batang tanpa cukai.
Jutaan batang rokok ilegal tersebut, rencananya akan diselundupkan ke Bungo, terdiri dari dua merek, yakni L4 Bold dan RX Bold, Senin malam lalu.
Menurut Kepala Seksi P2, Bea Cukai Jambi, Heri Sustanto saat dihubungi, mengatakan, pihaknya menggagalkan penyelundupan rokok ilegal ke Kabupaten Bungo yang berasal dari Pulau Jawa.
“Kita amankan di Jalan Lintas Jambi-Bungo, tepatnya di Kabupaten Tebo perbatasan dengan Batanghari,” ungkapnya, Rabu (23/10/2019).
Tidak hanya itu, penangkapan kali ini dibarengi dengan diamankannya satu orang terduga pelaku, yakni pria berinisial ZR.
“Ada satu terduga yang kita amankan. Saat ini masih diperiksa secara intensif oleh penyidik bea cukai. Inisialnya ZR,” tandas Heri.
Dia juga menerangkan, bahwa penangkapan tersebut dilakukan setelah mendapat informasi dari masyarakat jika di kawasan tersebut akan ada pengiriman rokok secara Ilegal.
“Setelah dilakukan pendalaman oleh tim bea cukai ternyata keberadaan informasi tersebut benar. Dan hasilnya dapat mengamankan sopir mobil truk pengangkut rokok tersebut,” tuturnya.
Setelah digeledah, dari dalam mobil truk warna kuning tersebut ditemukan 120 box kardus berisikan rokok tanpa diberi tali cukai.
Kemudian, saat diperiksa dari dalam kardus ditemukan sebanyak 120 kardus ukuran besar yang berisikan 1.280.000 batang Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) rokok jenis SKM merk L4 Bold. Kemudian ada 480.000 batang BKC HT rokok jenis SKM merk RX Bold.
“Total nilai barang lebih kurang mencapai Rp704.000.000. Sedangkan total potensi kerugian negara sekitar Rp651.200.000,” tukas Heri.
Akibat perbuatannya, ZR masih ditahan guna pemeriksaan lebih lanjut di Kantor Bea Cukai Jambi.
(aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *