Tips Memilih Ban Motor yang Tepat dan Nyaman, Berikut Rekomendasinya!

Gesekan antara ban dengan aspal, jalanan berkerikil, tanah atau berpasir dapat membuatnya cepat tipis. Oleh karena itu penting bagi Anda mengenali tips memilih ban motor yang asli, berkualitas dan tepat. 

Selama pemilihannya tepat Anda bisa mendapat ban yang lebih awet dan nyaman digunakan untuk kebutuhan harian. Anda pun bisa merasa aman ketika berkendara untuk pulang pergi kerja. Simak seperti apa tips lengkapnya. 

Tips Memilih Ban Motor yang Tepat dan Nyaman, dan Rekomendasinya

Sekilas tampilan ban luar sama namun sebenarnya ada banyak perbedaan yang bisa diamati. Anda harus tahu ukuran ban tersebut dan menyesuaikannya dengan velg motor. Agar lebih mudah Anda bisa bertanya langsung ketersediaan ukuran tersebut kepada penjual.  Sambil menanyakan hal tersebut, tips berikut ini juga perlu diikuti:

1. Merk Ban yang Terkenal 

Tidak ada salahnya jika Anda membeli ban dengan merk yang sudah dikenal. Cara paling mudah adalah membeli ban motor sesuai dengan merk yang digunakan dari pabrikan. Merk ini biasanya terukir pada bagian ban motor sehingga Anda bisa membacanya dengan mudah. 

Beberapa contoh merek yang terkenal seperti FDR, Maxxis, IRC dan masih banyak lagi. Cobalah cek terlebih dahulu merk ban apa yang digunakan saat ini sebelum membeli yang baru. 

2. Ban Tapak Sedang untuk Harian 

Apakah Anda akan menggunakan motor untuk kebutuhan sehari-hari? Misalnya untuk pulang pergi kerja? Jika iya, maka paling aman adalah membeli ban dengan tapak sedang. Ban ini memiliki ukuran sedang dan jauh lebih stabil ketika digunakan. 

Selain itu kelebihannya adalah membuat bahan bakar lebih irit. Berbeda jika Anda menggunakan ban yang ukurannya tiga kali lebih besar, biasanya membuat kinerja mesin lebih berat dan membuat motor menjadi boros. Sedangkan ban ukuran kecil tidak aman untuk keselamatan. 

3. Membeli Jenis Ban Basah 

Tips selanjutnya adalah menggunakan ban jenis basah yang sudah sesuai dengan iklim Indonesia yaitu tropis. Ben jenis ini memiliki daya cengkram yang lebih baik ketika melintas di area yang basah maupun kering. 

Ciri dari ban basah adalah memiliki permukaan dengan uliran yang lebih banyak. Anda bisa melihat uliran juga relatif lebih besar tidak halus atau rata. Artinya daya cengkramnya akan lebih baik. 

4. Cek Tahun Pembuatannya 

Menghindari Anda terkena tipu dari ban yang sudah diproduksi terlalu lama, Anda bisa mengecek kode yang tertera di samping ban. Biasanya berderet dengan merk dan berupa angka. 

Jika kodenya adalah 1523 artinya diproduksi pada minggu ke 15 pada tahun 2023. Mengapa tahun pembuatan ini sangat penting? Karena Anda membeli ban baru yang tidak terlalu lama disimpan di gudang. Ban yang terlalu lama disimpan tentunya memiliki kualitas yang menurun, terutama jika disimpan dengan tidak tepat. 

Ikuti tips memilih ban motor setiap kali Anda hendak membeli ban motor. Sebaiknya ban motor diganti 4 hingga 5 tahun sekali ketika sering dikendarai. Anda bisa memilih ban motor terbaik melalui Blibli yang menyediakan begitu banyak merk berkualitas. 

Baik itu ban luar dan dalam Anda bisa memilihnya dan menyesuaikan dengan ukuran velg motor. Membeli ban motor di Blibli sangatlah mudah, Anda hanya perlu memilih dan jangan lupa cek deskripsi produk untuk menemukan yang tepat. 

Anda juga bisa memanfaatkan filter lokasi toko untuk mendapatkan toko terdekat. Yuk cek Blibli sekarang dan dapatkan ban motor yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *